Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Anies Baswedan Akan Buka Kongres II Partai NasDem

Nasional Kongres NasDem
Whisnu Mardiansyah • 08 November 2019 18:47
Jakarta: Kongres II Partai NasDem rencananya dibuka Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Acara dimulai Jumat, 8 November 2019, malam, di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
Politikus Partai NasDem Charles Meikyansyah menyampaikan bukan tanpa alasan NasDem menunjuk Anies membuka kongres partai. Hal ini tidak dikaitkan dengan spekulasi pemetaan politik jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
 
"Karena kongres dilakukan di Jakarta, maka Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta yang akan membuka kongres. Kenapa kok Anies? Karena kalau kongres dilakukan di Sulawesi Tenggara, maka yang akan membuka kongres NasDem adalah Gubernur Ali Mazi yang merupakan kader NasDem. As simple as that," kata Charles di Jakarta, Jumat, 8 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal senada disampaikan Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate. Ia mengatakan terlalu dini mengaitkan kedatangan Anies dengan peluangnya di Pilpres 2024.
 
Kedatangan Anies semata mewakili Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggara kongres. NasDem mengapresiasi kesediaan Anies datang ke kongres partai.
 
"Di mana-mana biasa gubernur adalah pemimpin politik untuk wilayah provinsi. Kaitan dalam ini tentu kita harapkan kehadiran Gubenur DKI Jakarta sebagai tempat diselegarakannya kongres kedua Partai NasDem," jelas Plate.
 
Kongres kedua NasDem digelar hingga Senin, 11 November 2019. Kongres bertepatan dengan hari jadi ke-8 Partai NasDem. Penambahan maupun pengurangan organisasi untuk regenerasi politik serta rancangan keputusan garis besar haluan partai (GBHP) juga dibahas.
 
Terakhir, Kongres NasDem juga akan membentuk rancangan keputusan terkait rekomendasi politik. Hal ini mencakup internal NasDem, maupun terkait jalannya pemerintahan lima tahun mendatang.
 
Agenda politik Pemilu 2024 bakal menjadi salah satu topik bahasan dalam kongres kedua Partai NasDem. Hal ini termasuk strategi menghadapi pemilihan calon presiden dan wakil presiden.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif