Pekerja memotong lempengan baja panas di pabrik pembuatan hot rolled coil (HRC) PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten. Foto: Antara/ASEP FATHULRAHMAN.
Pekerja memotong lempengan baja panas di pabrik pembuatan hot rolled coil (HRC) PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten. Foto: Antara/ASEP FATHULRAHMAN.

Pemerintah Diminta Turun Tangan Rencana PHK Krakatau Steel

Nasional krakatau steel
Whisnu Mardiansyah • 05 Juli 2019 07:28
Jakarta: Politikus Partai NasDem Okky Asokawati meminta pemerintah memberi perhatian serius terhadap rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) massal karyawan PT Krakatau Steel. Persoalan ini harus direspons dengan cermat oleh pemerintah.
 
Anggota Komisi IX DPR RI Periode 2014-2018 itu mengatakan manajemen PT KS hati-hati menerbitkan kebijakan PHK terhadap ribuan tenaga kerjanya.
 
"Efek PHK oleh PT KS ini memiliki banyak dimensi yang kompleks. Apalagi PT KS ini merupakan perusahaan milik negara," kata Okky di Jakarta, Kamis, 4 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian BUMN harus memberi perhatian atas masalah ini. Pemeritah harus memberikan solusi dan jalan tengah mengatasi masalah ini.
 
"Saya mendorong Kemenaker dan Kementerian BUMN dapat turut mencari format penyelesaian dengan baik atas masalah ini. Harus ekstra hati-hati dalam meresponsnya," Okky mewanti-wanti.
 
Okky menambahkan, harus ada formulasi jalan tengah yang dapat ditempuh oleh semua pihak. Solusi yang menguntungkan kedua belah pihak harus diutamakan. Keputusan harus diambil dengan musyawarah untuk mencari jalan tengah.
 
"Bentuk kecermatan dan kehati-hatian dengan cara musyawarah dan dialog, cari format ideal dan moderat," pungkas Okky.

 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif