Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi

Hanum Rais: Jadi Politikus Jangan Baperan

Nasional pileg pemilu serentak 2019
Ahmad Mustaqim • 25 April 2019 22:58
Yogyakarta: Putri politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, Hanum Rais menyindir Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Sindiran itu disampaikan lewat media sosial twitter.
 
Lewat akunnya, Hanum berkicau dengan bunyi, "Partai NasaKom. Bukan Nasional Komunis lho. Tapi Partai Nasib Satu Koma."
 
Menurut Hanum, kicauan itu sebatas candaan. Ia mengatakan, PAN juga pernah menjadi candaan pihak lain saat situasi politik sedang hangat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat itu, kata dia, PAN pernah disematkan akronim 'Partai Artis Nasional'. "Jadi politikus tidak boleh baperan (bawa perasaan)," ujar Hanum lewat sambungan telepon, Kamis, 25 April 2019.
 
Hanum juga mengklaim pernah menjadi bahan candaan banyak pihak saat kasus kebohongan Ratna Sarumpaet menyeruak. Sebagai politikus, kata dia, harus bisa berlapang dada dan sabar dalam berbagai kondisi.
 
"Saya itu menjunjung tinggi apa yang namanya integritas dalam action, apa yang sudah saya lakukan harus dipertanggungjawabkan saya dalam hal ini juga sudah minta maaf. Artinya tidak bilang akun saya ini diretas,” ucapnya.
 
Hanum mengaku sepenuhnya bertanggung jawab atas cuitannya. Ia mengaku menulis dengan sadar dan akun media sosialnya tidak diretas.
 
"Saya teringat dulu teman pernah ada dapat IP (Indeks Prestasi), dulu kan mahasiwa-mahasiswi zaman tahun 1990an. IP-mu piro (berapa)? Ah, IP nasakom, atau IP satu koma,” kata dia.
 
Ia juga mengklaim, cuitan di media sosial sekaligus untuk menurunkan panasnya suhu politik. PSI dengan berisi politikus muda, ujarnya, harus senantiasa ceria dengan berbagai bentuk candaan.
 
"Masa gitu aja udah cengeng, nangis. Anak muda itu mesti harus fun, jangan terus apa-apa gitu aja sudah ngomel-ngomel," cetusnya.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif