TKN Jokowi-Ma'ruf: Perlindungan WNI Sudah Maksimal

M Sholahadhin Azhar 31 Oktober 2018 15:51 WIB
eksekusi mati wniperlindungan wni
TKN Jokowi-Ma'ruf: Perlindungan WNI Sudah Maksimal
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin-- Medcom.id/Dheri Agriesta
Jakarta: Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Moeldoko mengomentari eksekusi mati Arab Saudi terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Majalengka, Tuti Tursilawati. Menurutnya, pemerintah telah maksimal melindungi warga Indonesia di luar negeri.

"Tapi karena warga ini begitu besar, ya kadang-kadang ada sesuatu yang mesti termonitor dengan baik," kata Moeldoko di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Oktober 2018.

Baca: Arab Saudi Eksekusi Mati WNI Tuti Tursilawati


Secara bilateral, ia melihat hubungan Indonesia dengan Arab relatif baik. Presiden melalui Direktorat Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri juga berusaha maksimal. Namun, perkara notifikasi dari Arab memang menjadi polemik.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan itu menyerahkan tindak lanjut kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Termasuk upaya menyampaikan nota protes terhadap pemerintah Arab Saudi

"Nanti menlu yang akan mengawasi bagaimana prosesnya itu berjalan," kata Moeldoko.

Untuk diketahui, peristiwa ini, tak hanya terjadi sekali. Mengutip data Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), ada dua TKI lain yang dieksekusi otoritas Arab Saudi tanpa pemberitahuan.

Mereka yakni Zaini Misrin dan Siti Zaenab, keduanya dieksekusi pada 20 Maret 2018. Khusus kasus Zaini, proses peninjauan kembali untuk kedua kalinya masih berproses.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id