Sandi Siap Jadi Pembeli Pertama Mobil Esemka
calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno (tengah). Medcom.id/ Whisnu
Jakarta: Rencana pemerintah melanjutkan kembali rencana produksi mobil nasional didukung calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno. Sandi menyatakan siap menjadi pembeli pertama mobil Esemka. 

"Saya melihat kalau bicara mengenai mobil nasional, selalu romantis gitu, keinginan punya mobil nasional," kata Sandiaga dalam diskusi Bertajuk Impor Versus Daya Beli di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 7 November 2018.

Menurut dia, kepemilikan mobil nasional adalah kebanggaan bagi sebuah bangsa. Menjadi prestasi bagi Indonesia memiliki mobil nasional yang digadang-gadang di setiap era pemerintahan.


"Saya dukung dan saya pernah mengatakan bahwa kalau mobil Esemka itu keluar, saya jadi pembeli pertama," ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Namun, di tengah ucapannya Sandi meralat. Sebab pada kesempatan lain Prabowo Subianto sempat berujar ingin menjadi pembeli utama mobil karya anak bangsa itu. 

"Boleh Pak Prabowo jadi pembeli pertama, saya pembeli kedua, enggak jadi masalah, yang penting saya dapat nomor urut dua," ujar dia.

Sandi tidak ingin janjinya justru dipolitisasi oleh sejumlah pihak. Hal ini bentuk dukungannya kepada dunia industri. 

"Buat saya ini bentuk keberpihakan, jangan dipolitisir nih urusan mobil nasional, ini suatu kebanggaan," pungkas dia. 

Sebulan terakhir mobil Esemka kembali menjadi berita. Proyek mobil nasional ini sudah mulai memasuki tahap produksi massal. 

"Karena itu jelas brand dan principal Indonesia," tegas Presiden Joko Widodo sekaligus memastikan kesediaannya untuk menghadiri peluncuran resminya.

Penegasan tersebut disampaikannya di sela pembukaan Trade Expo Indonesia 2018, di ICE, BSD, Tangerang, Rabu, 24 Oktober 2018. Jokowi menegaskan kelanjutan produksi mobil Esemka berada di tangan pelaku industri. Sementara tugas pemerintah mendorong peningkatan mutu agar lulus uji emisi dan kelaikan,



(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id