Ilustrasi Pilkada 2020. Medcom.id
Ilustrasi Pilkada 2020. Medcom.id

Penyusunan Revisi PKPU Melibatkan BPNB

Nasional Virus Korona Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 13 Mei 2020 11:56
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) melibatkan sejumlah pihak dalam menyusun revisi Peraturan KPU (PKPU). Ini untuk mendapatkan banyak saran dan masukan terkait pemilihan umum serentak di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
"(Melibatkan) Kementerian Dalam Negeri; Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB); Perludem (perkumpulan untuk pemilu dan demokrasi); Puskapol (pusat kajian riset dan politik) Universitas Indonesia; Pusakopol Universitas Andalas; Netgrit (jaringan demokrasi dan pemilu), dan akademisi," beber anggota KPU Viryan Aziz kepada Medcom.id, Rabu, 13 Mei 2020.
 
Viryan menuturkan pembahasan juga terkait kepastian waktu penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020. Ini agar dapat digunakan sebagai landasan revisi PKPU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengungkapkan pihaknya menggelar diskusi dan uji publik untuk mematangkan revisi PKPU hari ini. "Menyiapkan perangkat regulasi PKPU, tindak lanjut Perppu," beber dia.
 
(Baca: Penyusunan Peraturan KPU Menyesuaikan Kondisi Pandemi)
 
Presiden Joko Widodo resmi menunda Pemilihan Umum Serentak 2020. Ini berdasarkan Peraturan Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menjadi Undang-Undang.
 
"Pemungutan suara serentak ditunda karena terjadi bencana nonalam," dikutip dari Setneg.go.id, Selasa, 5 Mei 2020.
 
Pemerintah memutuskan melaksanakan pemilihan serentak di 270 wilayah pada akhir tahun. Namun, bila bencana belum juga usai, pelaksanaan masih bisa ditunda dan dijadwalkan kembali setelah bencana berakhir.
 
"Pemungutan suara serentak yang ditunda dilaksanakan pada Desember 2020," sebut aturan itu.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif