Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Ahmad Erani Yustika. Dok. MI.
Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Ahmad Erani Yustika. Dok. MI.

Tiga Kriteria Pendamping Desa

Nasional kementerian desa
Damar Iradat • 16 Mei 2016 22:45
medcom.id, Jakarta: Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serius mencari sosok pendamping desa yang berkualitas. Karenanya, kriteria pendamping desa juga dikerucutkan.
 
Setidaknya ada tiga hal yang patut dimiliki seorang pendamping desa. Pertama, soal wawasan yang dimiliki seseorang pendamping desa.
 
"(Wawasan) Ini akan menentukan sampai sejauh mana nantinya mereka akan memandu," ungkap Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Ahmad Erani Yustika di Jakarta, Senin (16/4/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Poin kedua, lanjut dia, seorang pendamping desa harus bisa menjadi penggerak sosial atau pemicu kegiatan sosial. Maka, orang yang aktif dan dapat menggerakan seluruh elemen desa jadi karakter yang diperlukan sebagai seorang pendamping.
 
Hal tersebut, lanjut dia, ditujukan agar seluruh elemen desa dapat bergerak membangun desa. Sehingga, aktivitas pemberdayaan betul-betul dapat terlaksana.
 
Kemudian, kriteria ketiga yakni, pendamping desa dapat menjadi figur di desa itu. Seorang pendamping desa diharapkan dapat menjadi sosok yang bisa meningkatkan kualitas warga desa.
 
"Bukan untuk menggantikan pekerjaan mereka. Dia harus memastikan warga desa menyelesaikan pekerjaan dan tugasnya masing-masing," jelas dia.
 
Ketiga, kriteria itu dianggap sebagai hal yang berkesinambungan untuk pemberdayaan desa. Sebab, Kemendes PDTT tidak ingin pembangunan di desa-desa malah jadi bancakan proyek segelintir orang.
 
"Pembangunan desa harus jadi hajatan warga. Pendamping desa harus memastikan itu, karena kita tidak ingin kegiatan tersebut diberikan ke pihak ketiga," pungkas dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif