Illustrasi. Dok : MI.
Illustrasi. Dok : MI.

NasDem Ingin Petani dan Nelayan Melek Teknologi

Nasional Revolusi Industri 4.0
Candra Yuri Nuralam • 13 September 2019 14:01
Jakarta: Partai NasDem ingin para petani dan nelayan melek dengan perkembangan teknologi. Dengan begitu, mereka siap dalam menghadapi era industri 4.0.
 
Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi NasDem Fadholi mengatakan ada dua cara untuk membuat para petani dan nelayan siap menghadapi industri 4.0, yakni ketersediaan Infrastruktur dan kecepatan yang tinggi.
 
"Infrastruktur harus disiapkan dengan baik karena masyarakat harus menggunakan teknologi tinggi," kata Fadholi di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, Jumat, 13 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para petani dan nelayan harus menggunakan teknologi terbaru dalam bekerja. Sehingga, mereka tidak ketinggalan dengan negara lain.
 
Menurut Fadholi, menggunakan teknologi terbaru juga membuat produksi lebih cepat. "Untuk itu, kita harus bersama-sama memberikan persiapan infrastruktur berkaitan pertanian maupun nelayan harus bagus," ujar dia.
 
Fadholi juga ingin ada percepatan di bidang pelayanan perizinan, pelayaran penangkapan ikan, dan pertanian. Dia tak mau pelayanan masih lambat sedangkan infrastruktur sudah ditingkatkan.
 
"Jadi era sekarang ini kita harus bisa dilayani dengan cepat, tidak boleh lagi ada pelayanan yang lambat," ujar dia.
 
Harus ada sistem yang membuat perizinan dipercepat. Sistem itu bisa memanfaatkan teknologi internet.
 
Penggabungan dua strategi itu diyakini bisa membuat industri pedesaan melesat. Jika sudah berjalan, ke depannya tinggal menyosialisasikan kepada para petani maupun nelayan.
 
"Dalam menyongsong infrastruktur harus ada dan pelayanan harus cepat, termasuk juga teknologi yang dikuasai oleh petani dan nelayan harus diberikan bimbingan," ucap dia.
 
Fadholi mengatakan usulan itu segera diajukan kepada pemerintah. Pihaknya saat ini masih mematangkan usulan tersebut.
 
"Ini akan kita susun dengan baik dari sisi kelautan maupun pertanian. Salah satu juga, penataan dari sektor pertanian, bagaimana agar tidak terjadi kemungkinan panen raya yang berlebihan dan mengantisipasi terjadinya kelangkaan, maka stabilitas pangan itu harus terjaga," pungkas dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif