Ilustrasi sejumlah TNI tengah menggelar apel di Monas, Jakarta. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.
Ilustrasi sejumlah TNI tengah menggelar apel di Monas, Jakarta. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.

Karir Mentok Jadi Penyebab Perwira TNI Pensiun Dini

Nasional Bersama TNI
Arga sumantri • 12 Juli 2019 19:30
Jakarta: Setiap perwira TNI dinilai boleh mengajukan pensiun dini. Pengajuan pensiun dini tidak melanggar aturan.
 
"Boleh, pada dasarnya secara aturan, boleh setiap prajurit itu mengajukan pensiun dini," kata anggota Komisi I DPR Fraksi Partai NasDem Supiadin kepada Medcom.id, Jumat, 12 Juli 2019.
 
Supiadin menjelaskan pengajuan pensiun dini di tubuh TNI memiliki persyaratan. Salah satunya seorang perwira harus sudah melalui masa dinas yang ditetapkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau dia tidak memiliki masa dinas minimal, misalnya lima tahun, belum boleh (pensiun dini). Jadi harus dia melewati masa dinas minimal untuk pensiun," ujarnya.
 
Baca Juga: Tsunami di Tubuh TNI
 
Mantan Perwira Tinggi TNI itu mengatakan pensiun dini merupakan hak perwira. Tak ada aturan yang membatasi seorang perwira mengajukan pensiun dini.
 
Supiadin mengatakan perwira yang mengajukan pensiun dini pasti mempunyai alasan tertentu. Misalnya, merasa karirnya sudah tidak bisa berkembang.
 
"Misalnya, dia pikir ya sampai lima tahun mungkin 10 tahun ke depan karirnya tidak ada," ujarnya.
 
Ia mencontohkan karir seorang prajurit yang tidak pernah menempuh Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) biasanya hanya sampai pangkat Letnan Kolonel. Kalau nasibnya baik, kata dia, bisa menembus pangkat Kolonel.
 
Contoh lain seorang prajurit dengan pangkat TNI bintang satu atau dua bisa mengambil pilihan pensiun dini. Terlebih, ketika merasa karirnya mentok.
 
"Sepanjang dia merasa ada pekerjaan di luar TNI yang bisa menampung dia. Saya kira kalau tidak ada yang nampung tidak mungkin mereka minta pensiun dini," ujarnya.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif