Presiden Joko Widodo bersama sejumlah perwakilan serikat pekerja Indonesia usai menggelar pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat. Foto: Biro Pers Setpres.
Presiden Joko Widodo bersama sejumlah perwakilan serikat pekerja Indonesia usai menggelar pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat. Foto: Biro Pers Setpres.

Jokowi dan Serikat Buruh Bahas May Day

Nasional may day
Damar Iradat • 26 April 2019 15:04
Jakarta: Presiden Joko Widodo menerima sejumlah perwakilan serikat pekerja Indonesia di Istana Bogor, Jawa Barat. Mereka membahas peringatan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei atau May Day.
 
"Semuanya sepakat peringatan hari buruh akan dilakukan dengan kegiatan-kegiatan yang baik, yang memberikan ketenangan dan damai, sehingga kita harapkan rakyat juga ikut merasakan kegembiraan dalam merayakan hari buruh minggu depan," kata Jokowi di Istana Bogor, Jumat, 26 April 2019.
 
Jokowi juga menyampaikan pemerintah sepakat merevisi Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Revisi PP diharapkan tidak merugikan pihak mana pun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harapkan dari serikat pekerja, buruh senang, tetapi juga di sisi yang lain dari perusahaan, pengusaha juga senang, jangan sampai ada yang dirugikan karena PP 78 ini," ujar Presiden ketujuh Indonesia itu.
 
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Kepala Staf Presiden Moeldoko mendampingi Jokowi saat menemui perwakilan serikat pekerja. Serikat pekerja yang hadir ialah Presiden KSPSI Andi Gani Nuwa Wea, Presiden KSPI Said Iqbal, Ketua Umun KPBI Ilhamsyah, Ketua Umum SBMI Syaiful, Presiden KSN Muchtar Guntur, dan Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Wiliam Yani.
 
Presiden KSPSI Andi Gani berkomitmen memperingati May Day 2019 dengan cara-cara positif. Di sisi lain, Gani mengatakan pihaknya juga sudah membentuk tim bersama merevisi PP 78/2015. Tim berisi kalangan buruh.
 
Gani juga meminta Jokowi membentuk desk perburuhan di Kepolisian. Pembentukan desk menjadi upaya melindungi para buruh.
 
"Untuk bisa melindungi hak-hak buruh dan juga untuk bisa menjadi tempat untuk mencari keadilan buat para buruh," kata Andi.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif