Jokowi Sudah Siapkan Platform Demografi

M Sholahadhin Azhar, Fachri Audhia Hafiez 21 Oktober 2018 17:56 WIB
4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK
Jokowi Sudah Siapkan Platform Demografi
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) Irma Suryani Chaniago - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) Irma Suryani Chaniago merespons soal pesimistis lapangan kerja di Indonesia. Ia menyebut Presiden Joko Widodo tengah menyiapkan platform atau landasan dalam menyongsong demografi Indonesia.

Irma menyebut pada 2030 nanti Indonesia menghadapi bonus demografi. Di mana angkatan kerja muda tinggi, sementara pekerja yang pensiun sedikit. 

"Nah ini yang sedang disiapkan Jokowi dalam program jangka panjang," kata Irma saat dihubungi, Minggu, 21 Oktober 2018.


Dia bilang pesimistis lapangan kerja yang dilontarkan Sandiaga Uno, tak sebanding dengan apa yang dikerjakan eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. Misalnya saja mengenai program OK OCE.

"Enggak usah bicara muluk-muluk. OK OCE saja tidak berhasil, mau bicara lapangan kerja yang mana lagi," ujar Irma.

Sebaliknya, Jokowi secara berkelanjutan menyiapkan insfrastruktur. Ada perencanaan 1.000 balai latihan kerja di pesantren yang akan segera dieksekusi. 

(Baca juga: Mengawal Efektivitas Pembangunan Infrastruktur)

Para siswa pendidikan vokasi dicarikan tempat magang di perusahaan-perusahaan swasta, hingga satu tahun. Tujuannnya, kata dia, supaya Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional. 

"Juga program-program UMKM mandiri, lihat sekarang pengusaha online juga sudah berkembang," kata dia. 

Program penguatan tenaga kerja, ujar Irma, juga dituangkan dalam UU Buruh Migran. Di mana para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) seminimal mungkin tak ditarik biaya. 

"Sandiaga baru rencana, Jokowi sudah melaksanakannya," kata Irma.






(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id