Ilustrasi pembuatan vaksin. Shutterstock
Ilustrasi pembuatan vaksin. Shutterstock

KSP: Keamanan Prinsip Paling Utama dalam Vaksinasi Covid-19

Nasional Virus Korona bpom Bio Farma vaksin covid-19
Antara • 06 November 2020 15:23
Jakarta: Tenaga Ahli Utama Kedeputian II Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Presiden (KSP) Brian Sri Prahastuti mengatakan prinsip keamanan tetap yang utama dalam vaksinasi covid-19. Beragam lembaga terlibat untuk menjaga keamanan dan mutu vaksin.
 
“Pemerintah melibatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai lembaga resmi di Indonesia yang memberikan izin edar dan punya persetujuan penggunaan darurat (Emergency Use Authorization atau EUA),” kata Brian dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 6 November 2020.
 
Brian menyebut BPOM sedang mengunjungi pabrik milik Sinovac Biotech, perusahaan farmasi asal Tiongkok yang menjadi mitra PT Bio Farma (Persero) dalam memproduksi vaksin covid-19. BPOM akan menilai proses produksi vaksin di fasilitas milik Sinovac.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di saat yang sama, uji klinis tahap tiga kandidat vaksin covid-19 dari Sinovac dan Bio Farma berjalan di Bandung, Jawa Barat. Uji klinis ini dilakukan dengan melibatkan jumlah sampel berkategori besar, antara 1.000-10.000 sampel.
 
Baca: Vaksin Covid-19 Beri Kekebalan Minimal kepada 75% Populasi Indonesia
 
Bio Farma juga terlibat dalam proses produksi vaksin. Tidak hanya itu, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) juga terlibat dalam uji klinis vaksin. Keduanya lembaga memiliki kredibilitas tinggi hingga kancah internasional.
 
“Pemahaman Indonesia memang lebih baik untuk vaksin produksi Sinovac karena Indonesia terlibat dalam uji klinis tahap tiga," kata Brian.
 
Pemerintah juga melibatkan melibatkan Indonesia In Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dalam proses vaksinasi nanti. KSP menjamin proses produksi vaksin akan sangat mempertimbangkan efektivitas dan keamanan.
 
Maka itu, Brian meminta masyarakat tidak ragu atas kesimpulan dan rekomendasi akhir mengenai vaksin covid-19.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif