Ketua DPR Puan Maharani. MI/Susanto
Ketua DPR Puan Maharani. MI/Susanto

Pidato Puan di Sidang Tahunan Dinilai Visi Membangun Indonesia ke Depan

Juven Martua Sitompul • 16 Agustus 2022 21:09
Jakarta: Pidato Ketua DPR Puan Maharani dalam Sidang Tahunan disambut baik. Pidato yang komprehensif membahas seluruh aspek kehidupan bangsa Indonesia di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI dinilai sebagai visi Puan dalam membangun negeri yang lebih baik.
 
"Terlepas apakah Puan akan ikut dalam kontestasi Pilpres 2024 atau tidak, pidato Puan hari ini sangat menarik diperhatikan karena membahas banyak aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, yang menurut saya lebih seperti visi Puan untuk membangun Indonesia ke depan," kata pengamat komunikasi Politik dari Universitas Indonesia, Ari Junaedi, kepada wartawan, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Ari menilai visi Puan untuk Indonesia ke depan sangat perlu disampaikan kepada publik karena perannya sebagai Ketua DPR. Dalam sistem ketatanegaraan Indonesia, peran DPR sebagai lembaga legislatif kedudukannya sejajar dengan pemerintah sebagai eksekutor pembangunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terlebih Puan juga adalah cucu proklamator Bung Karno (Soekarno) yang kini menjadi pejabat negara dengan peran yang sangat krusial. Jadi, terlepas dari perannya sebagai Ketua DPR, Puan punya semacam tanggung jawab ideologis sebagai cucu proklamator untuk mengawal cita-cita kemerdekaan yang diproklamirkan sang kakek 77 tahun lalu," kata Ari.
 

Baca: Singgung Politik Nasional, Puan Bahas Soal Bertanding dan Bersanding


Tanggung jawab ideologis, kata Ari, bisa terlihat dari narasi Puan yang terus mengingatkan nilai-nilai dan jati diri bangsa Indonesia yang diserap Bung Karno dalam mencetuskan Pancasila. Dalam pidatonya, Puan mengingatkan agar bangsa Indonesia terus menjadikan 'Pancasila sebagai bintang penuntun arah perjalanan bangsa' sebagaimana yang pernah disampaikan Bung Karno.
 
"Di tengah pengaruh budaya asing dan radikalisme yang kian kuat, narasi tentang Pancasila memang wajib terus dikumandangkan di benak khalayak," ujar Ari.
 
Ari juga menyoroti narasi Puan tentang generasi muda bangsa yang akan menjadi bagian penting pesta demokrasi Indonesia di masa mendatang. Perhatian Puan terhadap nilai-nilai demokrasi yang perlu ditegakkan, terlebih di setiap penyelenggaraan pemilu menunjukkan komitmennya bahwa menjaga nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong sebagai bangsa lebih penting ketimbang kepentingan politik lima tahunan.
 
"Ucapan Puan agar semua pihak tahu ‘kapan waktu bertanding dan kapan waktu bersanding’ ini sangat menyejukkan di tengah cuaca politik yang kian memanas. Ini sekaligus menunjukkan kematangan Puan sebagai politisi yang banyak digadang-gadang untuk kontestasi Pilpres 2024," ujar Ari.
 
(JMS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif