Ilustrasi ibadah umrah dan haji. Foto: Dok. AFP
Ilustrasi ibadah umrah dan haji. Foto: Dok. AFP

Kuota Haji Indonesia Diharapkan Kembali Normal Tahun Depan

Nasional kementerian agama Virus Korona haji ibadah haji covid-19 pandemi covid-19 Kuota Haji
M Iqbal Al Machmudi • 05 Mei 2022 11:07
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) berharap kuota haji bagi jemaah haji Indonesia kembali normal. Jemaah haji Indonesia masih dibatasi akibat pandemi covid-19 belum berakhir.
 
Pada 2019 atau sebelum pandemi covid-19, kuota haji Indonesia sebanyak 231 ribu untuk reguler dan khusus. Jumlah itu menurun menjadi 100.051 jemaah yang berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini.
 
"Semoga kondisi segera normal sehingga tahun depan kuota haji juga kembali normal, baik reguler maupun haji khusus," ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief dalam keterangan tertulis, Kamis, 5 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hilman menyampaikan pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, kuota haji reguler dan khusus ditetapkan Pemerintah Arab Saudi melalui sistem e-Haj. Penentuan kuota pada penyelenggaraan ibadah haji bersifat mandatori dari Kementerian Haji Arab Saudi. Sehingga, tidak ada ruang negosiasi dalam penentuan kuota karena tidak ada pembahasan nota kesepahaman atau MoU antara menteri terkait dari kedua negara seperti penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.
 
"Secara sistem, melalui e-Haj, Pemerintah Arab Saudi membagi sebanyak 92.825 untuk jemaah haji reguler dan 7.226 jemaah haji khusus," ujar Hilman.
 
Baca: Ini Besaran Kuota Haji Reguler dan Khusus untuk Indonesia
 
Dalam suasana pandemi, penetapan kuota haji oleh Kerajaan Arab Saudi, baru diterbitkan pada pertengahan April 2022. Secara waktu, kata Hilman, informasi kepastian kuota haji tahun ini sudah sangat mepet, karena biasanya pembahasan MoU sudah dilakukan sejak Desember 2021.
 
"Namun kami tetap syukuri, tahun ini ada jemaah haji Indonesia yang bisa diberangkatkan ke Tanah Suci untuk ibadah haji," tutur Hilman.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif