Wapres Maruf Amin bertemu Menlu Kenya Raychelle Omamo/Istimewa
Wapres Maruf Amin bertemu Menlu Kenya Raychelle Omamo/Istimewa

Bertemu Menlu Kenya, Wapres Doakan Kelancaran Pemilu

Antara • 18 Maret 2022 07:00
Jakarta: Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan harapan terhadap rencana penyelenggaraan pemilihan presiden di Kenya pada 9 Agustus 2022. Hal tersebut diungkapkan saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Kenya Raychelle Omamo di Kediaman Resmi Wapres, di Jakarta, Kamis, 17 Maret 2022.
 
"Sebagai negara yang sama-sama menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, saya berharap agar pemilu di Kenya dapat berjalan dengan damai, aman, jujur, dan demokratis sehingga hasilnya berkualitas," ungkap Ma'ruf dilansir Antara, Jumat, 18 Maret 2022.
 
Sementara itu, Menlu Omamo memastikan bahwa pergantian rezim pemerintahan ke depan tidak akan mengubah persahabatan Indonesia dan Kenya yang selama ini telah terjalin baik. "Meskipun nanti pemerintahannya baru, tetapi persahabatan dan kedekatan Indonesia dan Kenya akan terus dipertahankan," tuturnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bertemu Menlu Kenya, Wapres Berharap Peningkatan Kerja Sama
 
Selain itu, Omamo juga mengungkapkan negaranya bergembira karena Indonesia mengusung salah satu prioritas pada G20 terkait transisi energi. Hal ini sejalan dengan komitmen Kenya dalam upaya mengembangkan energi bersih.
 
"Kenya saat ini menghasilkan 73 persen energinya dari sumber energi bersih, baik itu energi yang bersumber dari air, tenaga surya, tenaga angin maupun geotermal. Kami berharap dapat mencapai 100 persen persen energi bersih pada 2030," kata Omamo.
 
Omamo juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Indonesia, sehingga saat ini Kenya telah masuk dalam jajaran Dewan Keamanan PBB. "Oleh karena itu, kami akan selalu terbuka untuk konsultasi dan koordinasi terkait isu-isu perdamaian dan keamanan internasional yang bisa kita selesaikan bersama-sama,” lanjut dia.
 
Omamo menyampaikan komitmen Kenya untuk terus membuka peluang kerja sama khususnya di bidang perdagangan dengan Indonesia. Bahkan, tidak hanya Kenya, tetapi juga di kawasan Afrika Timur dan benua Afrika secara umum dapat dilakukan melalui perjanjian perdagangan bebas.
 
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif