Ilustrasi obat korona. Medcom.id
Ilustrasi obat korona. Medcom.id

Pemerintah Siapkan Rp3,7 Triliun untuk Bayar DP Vaksin Covid-19

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19
Nur Azizah • 12 Oktober 2020 13:02
Jakarta: Indonesia berencana membeli 100 juta dosis vaksin covid-19 dari perusahaan asal Inggris, AstraZeneca. Pemerintah pun telah menyiapkan USD350 juta atau sekitar Rp3,7 triliun untuk uang muka (down payment/DP) pembayaran vaksin tersebut.
 
Pembelian vaksin telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi. Pembelian vaksin menggunakan anggaran Komite Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
 
"Pemerintah sudah menyiapkan pengadaan vaksin dan sekarang Menkes (Terawan Agus Putranto) maupun Menteri BUMN (Erick Thohir) sedang negosiasi final dengan AstraZeneca dan kita menyiapkan untuk pengadaan 100 juta dosis dan untuk itu diperlukan down payment sebesar 50 persen atau USD250 juta," kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Airlangga Hartarto dalam keterangan persnya, Jakarta, Senin, 12 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Indonesia Genjot Produksi Alat Rapid Test Hingga 2 Juta per Bulan
 
Sama dengan Sinovac, AstraZeneca masih memproses uji klinis tahap ketiga. Arab, Brazil, Kanada, dan Australia juga memesan vaksin di tempat yang sama.
 
"Penyerahan vaksin akan dilakukan setelah uji klinis fase tiga rampung," kata Airlangga.
 
Selain memesan vaksin ke AstraZeneca, Indonesia memesan vaksin ke Sinovac sebanyak 143 juta dosis. Sedangkan vaksin dari Sinopharm akan dikirim 15 juta dosis di akhir 2020.
 
"Sinopharm itu diperkirakan Desember 15 juta dan tahun depan 50 juta lagi. Sedangkan vaksin dari Cansino direncanakan tahun depan 15 juta dan Astra Zeneca 100 juta," kata Airlangga.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif