Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) didampingi Wakil Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (kanan). ANT/Dhemas Reviyanto.
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) didampingi Wakil Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (kanan). ANT/Dhemas Reviyanto.

SBY Sebut Politik Identitas di Pemilu 2019 Kelewat Batas

Nasional pemilu serentak 2019
Arga sumantri • 11 Desember 2019 20:14
Jakarta: Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut politik identitas di Pemilu 2019 kelewat batas. Dia ingin penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dievaluasi menyeluruh.
 
"Tujuannya, pemilu di masa mendatang bisa berlangsung lebih baik," kata SBY dalam pidato refleksi akhir tahun di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu, 11 Desember 2019.
 
SBY mengatakan banyak dinamika dan ujian yang terjadi di 2019. Indonesia mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran berharga di 2019, salah satunya lewat pemilihan umum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masyarakat Indonesia mendapatkan banyak hal baru dari pengalaman itu. "Yang baik maupun yang buruk," ucap SBY.
 
Presiden ke-6 Republik Indonesia itu menuturkan salah satu pengalaman buruk ialah politik identitas kelewat batas di pemilu. Menurut SBY, pemilu 2019 banyak menimbulkan korban jiwa, baik akibat kekerasan atau bukan.
 
Kabar baiknya, kata SBY, Indonesia mampu keluar dari potensi perpecahan akibat pemilu. SBY menilai semua pihak terpanggil dan sadar untuk menahan diri dan tetap menjaga keutuhan.
 
"Alhamdulillah, mimpi buruk itu tidak terjadi. Kita memilih persatuan, bukan perpecahan," ucap SBY.
 
SBY pun ingin ada valuasi menyeluruh tentang sistem, undang-undang, dan penyelenggaraan pemilu. Apa-apa yang sudah baik, kata SBY, patut dipertahankan.
 
"Yang belum baik kita perbaiki. Itulah harapan Partai Demokrat. Saya yakin itu pula harapan rakyat kita," kata SBY.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif