Elite politik. Ilustrasi: Medcom.id/Rakhmat Riyandi.
Elite politik. Ilustrasi: Medcom.id/Rakhmat Riyandi.

Pengamat: Rekonsiliasi Harus Ikhlas

Nasional pilpres 2019
Antara • 10 Juli 2019 14:36
Jakarta: Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengkritisi wacana rekonsiliasi setelah pemilihan presiden (pilpres) yang dibumbui dengan persyaratan. Rekonsiliasi seharusnya dilakukan demi persatuan.
 
"Rekonsiliasi mestinya tanpa syarat apa pun harus ikhlas lillahi ta'ala untuk kepentingan bangsa," kata Adi di Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019.
 
Menurut dia, tujuan rekonsiliasi politik hanya satu: mengakhiri pertikaian antarkubu yang sangat melelahkan. Untuk itu, dasar narasi rekonsiliasi menyangkut mental model berpolitik untuk siap kalah dan siap menang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Permintaan pemulangan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dari kubu Prabowo Subianto sebagai syarat rekonsiliasi politik dinilai tidak tepat. Pasalnya, Rizieq dapat pulang ke Indonesia tanpa ada yang menghalangi.
 
"Apalagi kasusnya sudah SP3, itu artinya secara prosedur dan substansial, pulang atau tidaknya Rizieq tidak ada kaitannya dengan rekonsiliasi. Beda ceritanya kalau kepulangan Habib Rizieq dihalang-halangi atau ditolak kelompok tertentu, mungkin perlu dimediasi aparat keamanan," jelas dia.
 
Dia mengatakan semestinya kubu Prabowo mempublikasikan semua syarat rekonsiliasi agar ada pelibatan publik secara umum. "Biar publik memberikan penilaian apakah syarat-syarat rekonsiliasi yang dilakukan 02 rasional atau tidak," jelas dia.
 
Baca: Karding: Rizieq Shihab Bukan TKI
 
Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani tidak menyangkal salah satu syarat rekonsiliasi antara kubu Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo adalah pemulangan Rizieq. Dia juga menginginkan pembebasan para tokoh yang ditahan kepolisian.
 
"Ya keseluruhan bukan hanya itu (pemulangan Rizieq) kan beberapa waktu lalu banyak ditahan-tahanin ratusan orang," kata Muzani di Kompleks Parlemen,
Jakarta, Selasa, 9 Juli 2019.
 
Dia menilai pemulangan Rizieq dan pembebasan tokoh mengendorkan ketegangan di tengah masyarakat sehingga gesekan tidak ada terjadi. Muzani mengatakan tidak ada syarat lain yang diajukan pihaknya selain pemulangan Rizieq dan pembebasan sejumlah orang.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif