Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Jambi Al Haris-Abdullah Sani.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Jambi Al Haris-Abdullah Sani.

Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi

Theofilus Ifan Sucipto • 07 Juli 2021 16:21
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Jambi Al Haris-Abdullah Sani. Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 93P Tahun 2021 tentang Pemberhentian Pejabat Gubernur Jambi dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi.
 
Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Jokowi mengambil langsung sumpah Rusdy dan Ma'mun.
 
"Saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," kata Haris dan Abdullah di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Juli 2021.
 
Haris dan Abdullah berjanji memegang teguh Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Keduanya bersumpah menjalankan undang-undang dan peraturan lain selurus-lurusnya.
 
“Serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca: Pemungutan Suara Ulang Pilgub Jambi Digelar Hari Ini)
 
Pelantikan diakhiri dengan pemberian selamat dan foto bersama. Pelantikan dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin; Menteri Sekretaris Negara Pratikno; Sekretaris Kabinet Pramono Anung; dan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD; serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.
 
Keduanya dilantik usai pemilihan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2020 pada 27 Mei 2021. PSU dilaksanakan di 88 TPS di lima kabupaten di Jambi.
 
PSU ini amanat dari ketetapan Mahkamah Konstitusi (MK). PSU tersebut menentukan pemenang kompetisi antara tiga calon gubernur dan calon wakil, Cek Endra-Ratu Munawaroh, Fachrori Umar-Syafril Nursal, dan Al Haris-Abdullah Sani.
 
Hasilnya, Al Haris-Abdullah Sani menjadi pemenang dengan perolehan 600.733 suara. Mereka bertugas untuk periode 2021-2024.
 
Sedangkan, Cek Endra-Ratu Munawaroh meraih 587.918 suara dan Fachrori Umar-Syafril Nursal meraup 381.634 suara.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif