Wakil Ketua Umum (Waketum) Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (tengah). MI/Rommy Pujianto
Wakil Ketua Umum (Waketum) Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (tengah). MI/Rommy Pujianto

Gerindra Tak Masalah Ambang Batas Parlemen Pemilu 2024 Naik

Nasional partai gerindra revisi uu pemilu DPR RI
Anggi Tondi Martaon • 17 November 2020 13:03
Jakarta: Partai Gerindra mengaku tak mempersoalkan jika ambang batas parlemen (parliamentary threshold) naik pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Gerindra siap ikut aturan main jika wacana penaikan ambang batas disepakati.
 
"Baik empat persen, tujuh persen, kami siap mengikuti sesuai aturan yang berlaku," kata Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 17 November 2020.
 
Namun, Wakil Ketua DPR itu belum mau membocorkan ambang batas parlemen yang akan diajukan oleh Gerindra pada revisi UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Syarat partai lolos parlemen masih digodok internal partai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gerindra mengaku tidak gentar jika parliamentary threshold naik menjadi 7 persen. Seluruh kader diminta mempersiapkan diri menyambut pesta demokrasi nasional yang diyakini bakal semakin ketat.
 
Baca: NasDem Kukuh Usulkan Kenaikan Ambang Batas Parlemen 7%
 
DPR mulai membahas revisi UU Pemilu. Beberapa poin utama aturan main Pemilu 2024 nanti dibahas, salah satunya ambang batas parlemen.
 
Beberapa partai mengusulkan agar syarat partai lolos ke parlemen dinaikkan dari 4,5 persen menjadi 7 persen. Usulan ini diajukan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), NasDem, dan Golkar.
 
Penaikan ambang batas parlemen juga diusulkan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Namun, dua partai itu mengusulkan ambang batas hanya naik menjadi 5 persen.
 
Sementara itu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN) mengusulkan agar tidak ada perubahan ambang batas parlemen. Parliamentary threshold ini akan memengaruhi partai baru yang berusaha masuk parlemen.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif