KPU. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla
KPU. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla

Langkah Strategis KPU Jelang Pemungutan Suara Ulang Pilbup Sabu Raijua

Nasional pemilukada kpu pilkada pemilu perselisihan pilkada serentak Sengketa Pilkada Pemilu Serentak 2020
Fachri Audhia Hafiez • 19 April 2021 15:12
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyusun langkah strategis untuk menjalankan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pemilihan Bupati (Pilbup) Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT). MK memerintahkan pemungutan suara ulang (PSU) di wilayah itu.
 
"Pertama, melaksanakan rapat bersama KPU Provinsi NTT dan KPU Sabu Raijua di Kantor KPU RI untuk menelaah putusan yang dimaksud dalam pelaksanaannya secara teknis," tulis keterangan tertulis Humas KPU RI yang dikutip Senin, 19 April 2021.
 
Kedua, KPU NTT menyupervisi KPU Sabu Raijua sebagai penyelenggara PSU. Kedua KPU daerah itu mesti memperhatikan sejumlah unsur, mulai dari rancangan tahapan, program, dan jadwal PSU. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Masih Situasi Bencana, KPU Cermati Pelaksanaan PSU Sabu Raijua
 
KPU NTT dan Sabu Raijua diminta memastikan ketersediaan anggaran dan logistik pemilihan. Selain itu, KPU daerah wajib memetakan wilayah-wilayah yang terdampak bencana siklon tropis Seroja. 
 
Pemetaan wilayah terdampak bencana penting karena tempat pemungutan suara (TPS) tidak dapat dibentuk di lokasi semula. Selain itu, pemilih sudah dievakuasi ke tempat tertentu.
 
Ketiga, KPU NTT serta KPU Sabu Raijua diminta menyosialisasikan serta menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama para pemangku kepentingan terkait. Keempat, penetapan jadwal dan pelaksanaan PSU harus dilakukan maksimal 60 hari kerja setelah putusan MK.
 
MK menganulir kemenangan pasangan calon (paslon) Pilbup Sabu Raijua 2020 nomor urut dua Orient P Riwu Kore dan Thobias Uly. Orient terbukti memiliki dwikewarganegaraan dan didiskualifikasi dari pemilihan.
 
PSU Pilbup Sabu Raijua akan diikuti dua paslon. Keduanya ialah paslon nomor urut satu Nikodemus N Rihi Heke dan Yuhanis Ulu Kale serta paslon nomor urut tiga Taken Irianto Radja Pono dan Herman Hegi Radja Haba.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif