KPU bertemu Kemenkumham. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
KPU bertemu Kemenkumham. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

KPU Minta Dukungan Kemenkumham Soal Pengesahan PKPU

Nasional kpu Kemenkumham Pemilu 2024 Pilpres 2024
Kautsar Widya Prabowo • 13 Mei 2022 20:18
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkuham) merundingkan beberapa hal menyangkut kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Salah satunya, terkait kepastian badan hukum partai politik.
 
"Dalam konteks pendaftaran partai politik calon peserta pemilu, yang menjadi ukuran KPU adalah SK Kemenkumham soal badan hukum partai politik," ujar Ketua KPU Hasyim Asy’ari dalam keterangan tertulis, Jumat, 13 Mei 2022.
 
Hasyim juga meminta Kemenkumham dapat memberikan prioritas dalam proses harmonisasi maupun pengundangan peraturan KPU (PKPU). Sebab, tahapan pemilu memiliki batas waktu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, KPU meminta dukungan Kemenkumham dalam proses pendataan pemilih di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan. Serta pemilih di luar negeri yang merupakan tugas dan wewenang Ditjen Imigrasi Kemenkumham.
 
Baca: Kemenkumham dan KPU Bentuk Desk Khusus Pemilu bagi Narapidana
 
"Karena ini melingkupi beberapa kementerian, database ada di Kemlu, kemudian lintas batas di Kemenkumham (Imigrasi), sementara database induk di Kemendagri. Dengan demikian disampaikan tadi, perlu ada desk antara KPU, Kemenkumham, Kementerian Luar Negeri, dan Kemendagri untuk pemilih di luar negeri," jelas Hasyim.
 
Sementara itu, Menkumham Yasonna Laoly memastikan akan menjaga hak pilih warga binaan pada pesta demokrasi ke depan. "Jadi kita juga berharap baik narapidana maupun tahanan kita itu punya hak pilihnya di pemilu maupun pemilihan kepala daerah," kata Yasonna.
 
Yasonna berencana membahas secara teknis terkait syarat calon yang masih berstatus narapidana atau sudah bebas murni. Namun, ia berkomitmen akan membantu dan menyegerakan haramonisasi dan pengundangan PKPU.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif