Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Medcom.id/ Ilham Pratama
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Medcom.id/ Ilham Pratama

PDIP Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis

Nasional kekerasan terhadap wartawan
Arga sumantri • 22 Februari 2019 20:32
Bandung: Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengecam aksi kekerasan terhadap jurnalis dalam aksi Munajat 212 di Monas, Jakarta Pusat. Hasto menegaskan peristiwa tersebut amat tidak dibenarkan di era kebebasan pers saat ini.
 
"Apapun, kekerasan tidak boleh dibenarkan apalagi terhadap insan pers yang sedang meliput. Sama sekali tidak dibenarkan," kata Hasto di sela Safari Kebangsaan di Bandung, Jawa Barat, Jumat, 22 Februari 2019.
 
Hasto menilai mereka yang melakukan kekerasan terhadap jurnalis tidak memahami kekuatan pers sebagai bagian dari pilar demokrasi. Padahal, kata dia, pers merupakan garda terdepan menjaga kualitas demokrasi di Tanah Air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin itu mengatakan pihaknya terutama Jokowi justru selalu merespons suara dari kalangan pers. Dia mencontohkan kasus remisi Susrama, pelaku pembunuhan seorang wartawan di Bali.
 
"Pak Jokowi sangat merespon ketika ada remisi atas kasus pembunuhan wartawan, kami merespon aspirasi itu dan akhirnya remisi itu dibatalkan," ujar Hasto.
 
Sebelumnya, Ma'ruf Amin juga menyesalkan tindakan kekerasan terhadap jurnalis saat Munajat 212 semalam. Tindakan itu mencoreng niatan awal yakni menggelar selawat dan zikir.
 
"Ada munajat kok ada ribut-ribut," kata Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Jumat 22 Februari 2019.
 
Ma'ruf mengatakan esensi dari bermunajat semestinya diisi dengan kekhusyukan berdoa kepada Allah. Namun, akibat ulah sejumlah oknum ormas tertentu justru mencoreng kegiatan itu. "Itu saya kira tidak baik," tegas Ma'ruf.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif