Cerita Wapres Kalla 'Menundukkan' Raja Salman
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla--Medcom.id/Dheri Agriesta
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka rapat kerja nasional Dewan Masjid Indonesia (DMI). Dalam sambutannya, Kalla bercerita tentang pertemuannya dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Kalla menceritakan bagaimana dirinya mencari cara bisa 'mengalahkan' Raja Salman. Soal uang dan sumber daya alam, Raja Arab Saudi itu mustahil dikalahkan.

Salah satu topik yang bisa dipakai 'menumbangkan' Raja Salman adalah tentang masjid. "Saya bilang saya hormat kepada yang mulia karena yang mulia adalah penjaga dua kota suci," kata Kalla di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat, 23 November 2018.


Raja Salman mengamini pujian Kalla. Lalu, Kalla bercerita tentang jumlah masjid di Indonesia yang mencapai 800 ribu unit. "Dan saya ketuanya," kata Kalla menirukan percakapannya dengan Raja Salman.

Baca: JK: Kunjungan Raja Salman tak Sekadar Investasi

Raja Salman terkejut dengan pernyataan itu. Ia awalnya tak percaya Indonesia memiliki 800 ribu masjid. Raja Salman pun memastikan informasi itu kepada penerjemahnya.

"Dia pikir 8.000, (penerjemahnya) bilang 'Enggak, 800 ribu yang mulia," kata Kalla.

Raja Salman tak puas. Ia bertanya kepada duta besar Arab Saudi untuk Indonesia yang ada di ruang pertemuan. Jawaban yang didapatnya sama.

"Setelah itu turun tone-nya (nada bicaranya), bahwa ternyata soal masjid kita lebih banyak dari Saudi," jelas Kalla.

Kalla menyebut Raja Salman berpikir Arab Saudi merupakan negara yang memiliki masjid terbanyak di dunia. Padahal, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim dan masjid terbanyak di dunia.

"Bahwa dia (masjidnya) lebih besar, itu urusan lain, kita hitung jumlahnya," ujar Kalla tersenyum.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id