Jokowi Ajak Membumikan Nilai Alquran
Presiden Joko Widodo. Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli
Medan: Presiden Joko Widodo mengajak umat Islam membumikan Alquran. Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVII tahun 2018 di Sumatera Utara, Minggu malam, 7 Oktober 2018.

"Agar MTQ ini menjadi suntikan energi untuk membumikan Alquran dalam dunia nyata sehari-hari bagi Muslim," kata Jokowi saat membuka MTQ Nasional di area Gedung Astaka, Medan, seperti dilansir Antara.

Menurut Jokowi, gelaran MTQ bukan sekadar ajang rutin dua tahunan untuk mencari yang menang dan kalah. MTQ, kata dia, harus bisa menjadikan Alquran menjadi sebab terwujudnya persaudaraan Islam yang berwawasan kebangsaan.


"Hati kita seharusnya menjadi damai dengan membaca Alquran. Kedamaian dan ketenteraman harus harus kita rawat," ungkap Kepala Negara.

Melalui MTQ, Jokowi juga mengajak masyarakat, terutama umat Islam, dapat merenungkan makna Alquran dan menjalankan petunjuk di dalamnya agar tercipta akhlak yang baik. Apabila Alquran diamalkan dengan baik, ia yakin kehadiran kitab suci umat Islam itu dapat menjadi sumber kemaslahatan bagi umat dan bangsa Indonesia. 

Jokowi mengatakan membumikan nilai-nilai dalam Alquran juga bisa menekan terjadinya perpecahan di tengah masyarakat. Misalnya, penyebaran informasi palsu atau hoaks, fitnah, caci-mencaci, gesekan sesama warga bangsa, dan hal negatif lain.

Umat Islam sebagai unsur terbesar bangsa, ujar dia, harus bisa menjaga persatuan dan kesatuan. Ini merupakan modal kemajuan bangsa dan sumber energi Indonesia menuju negara yang sejahtera dan dalam ampunan Tuhan.

"Jangan karena urusan kecil beda pilihan politik, karena ego kita menjadi terpecah. Islam adalah agama 'rahamatan lil'alamin', berkah alam semesta, berkah umat bagsa," pungkasnya.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id