Presiden Joko Widodo/MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo/MI/Ramdani

Jokowi: Bantuan Covid-19 Harus Efektif dan Tepat Sasaran

Nasional Virus Korona presiden jokowi Bantuan Langsung Tunai
Nur Azizah • 24 September 2020 12:56
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengingatkan agar seluruh program bantuan tepat sasaran. Bantuan harus dipastikan diterima oleh masyarakat yang betul-betul terdampak pandemi virus korona (covid-19).
 
"Dalam jangka pendek semua skema program yang berkaitan dengan jaring perlindungan sosial, seperti bansos tunai, betul-betul harus kita pastikan tepat sasaran dan berjalan efektif," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 24 September 2020.
 
Ini juga berlaku pada Program Keluarga Harapan (PKH), subsidi gaji, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa. Kepala negara ingin bantuan tersebut diterima oleh orang-orang yang membutuhkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Begitu juga pelaksanaaan dengan padat karya tunai yang ada di desa ini betul-betul harus dikawal, sehingga bisa mengurangi beban masyarakat desa yang kehilangan pekerjaan, kesulitan mencari juga," kata dia.
 
Baca: Subsidi Gaji Tahap IV untuk 2,65 Juta Pekerja Didistribusikan
 
Sebelumnya, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan BLT Desa sudah tersalur ke 74.146 desa. Total Desa yang masuk dalam daftar penerima sebanyak 74.738 desa.
 
"Per 20 September 2020, kami sudah menyalurkan BLT dana desa ke 74.146 desa dan di berikan selama enam tahap," kata Halim, Jakarta Pusat, Senin, 21 September 2020.
 
Bantuan ini akan diperpanjang hingga Desember 2020 dengan total anggaran Rp28,46 miliar. Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) akan mendapatkan dana Rp300 ribu rupiah per bulan.
 
Adapun jumlah KPM BLT Desa yang sudah menerima ada sekitar 7.970.652 KPM. Rinciannya, KMP dari kelompok petani dan buruh tani sekitar 88 persen, nelayan dan buruh nelayan 4 persen, dan buruh pabrik 2 persen. Lalu kelompok guru sebanyak 1 persen dan pedagang 5 persen.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif