Ilustrasi. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia
Ilustrasi. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia

Survei: 7 Partai Terancam tak Lolos Ambang Batas Parlemen

Nasional partai politik
M Rodhi Aulia • 15 Desember 2017 01:42
Jakarta: Ada tujuh partai politik disebut terancam tak lolos ambang batas parlemen alias parliamentary threshold (PT) 4 persen. Hal itu terungkap dari hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.
 
Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa membeberkan, dari hasil survei, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) mendapatkan 2,3 persen, Partai Amanat Nasional (PAN) 1,9 persen, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 0,9 persen, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 0,6 persen. Sedangkan, Partai Bulan Bintang (PBB) mendapat 0,4 persen, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) 0,3 persen, Idaman 0,0 persen, serta rahasia 22,6 persen.
 
"Jika kita melihat PT yang sekarang ini sudah ditetapkan 4 persen, ada beberapa partai yang terancam tak lolos PT. Untuk Perindo, PAN, PSI, PBB bahkan PKPI dan Idaman ini sangat-sangat terancam tak lolos PT," kata Ardian di Kantor LSI Denny JA, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis 14 Desember 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara, partai lain seperti Nasional Demokrat (NasDem) mendapat 4 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 3,9 persen, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 3,2 persen. Namun, hasil ini masih bisa berubah karena faktor margin of error.
 
Sedangkan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) diprediksi kembali menjadi pemenang pada Pileg 2019 dengan elektabilitas 24,2 persen, menyusul Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 13 persen, Golongan Karya (Golkar) 11,6 persen, Demokrat 5,9 persen, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 5,2 persen.
 
Survei ini dilakukan pada 1 hingga 14 November 2017 dengan margin of error 2,9 persen. Riset yang dilakukan terhadap 1.200 responden ini juga dilengkapi dengan riset kualitatif hasil focus group discussion (FGD) dan wawancara pada 1 hingga 13 Desember 2017.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif