Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Argentina Mauricio Macri - Medcom.id/Dheri Agriesta.
Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Argentina Mauricio Macri - Medcom.id/Dheri Agriesta.

Presiden Jokowi Tawarkan Pesawat dan Kereta ke Argentina

Nasional Indonesia-Argentina
Dheri Agriesta • 26 Juni 2019 14:20
Jakarta: Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Argentina Mauricio Macri. Dalam pertemuan itu, Presiden menawarkan sejumlah produk strategis Indonesia.
 
"Tadi saya juga menawarkan berbagai produk dan jasa yang dimiliki industri strategis Indonesia, PT Dirgantara Indonesia (DI) menawarkan pesawat," kata Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu, 26 Juni 2019.
 
Jokowi menyebut PT GMF AeroAsia juga menawarkan jasa pemeliharaan pesawat terbang dan PT INKA menawarkan produk lokomotif dan gerbong kerata api. Presiden Macri menyambut positif tawaran itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Macri, kata Jokowi, akan bertemu dengan pimpinan tiga perusahaan pelat merah itu. Jokowi berharap pemerintah Argentina bisa mendapatkan gambaran lebih jelas tentang produk tersebut.
 
"Kita juga menyampaikan perlunya dibuka komoditas pertanian Indonesia yang bisa masuk ke Argentina, seperti salak, manggis, nanas, dan lainnya," kata Jokowi.
 
(Baca juga:Indonesia-Argentina Mulai Serius Bahas Kolaborasi Dagang)
 
Presiden juga berupaya mendekatkan pengusaha Indonesia dengan sektor ekonomi Argentina. Salah satunya dengan mengundang pengusaha Argentina menghadiri Trade Expo Indonesia.
 
"Indonesia juga terus mendorong peningkatan kerja sama perdagangan dengan klub dagang terbesar di kawasan Amerika Selatan yang beranggotakan Argentina, Brazil, Paraguay, dan Uruguay," jelas Jokowi.
 
Indonesia dan Argentina juga meningkatkan kerja sama di sektor pendidikan. Presiden juga menggarap potensi kerja sama di bidang pengembangan sistem teknologi pertanian.
 
"Saya menyambut baik kerja sama pengembangan sistem teknologi pertanian sebagai implementasi dari rencana aksi kerja sama pertanian antara Argentina dan Indonesia," pungkas Jokowi.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif