Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: ANT/Reno Esnir
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: ANT/Reno Esnir

Jokowi Minta Gubernur Tak Mempersulit Pengusaha

Nasional kemudahan berusaha
Damar Iradat • 14 November 2019 15:25
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta para gubernur memastikan pelaksanaan birokrasi berjalan dengan baik. Kepala daerah jangan mempersulit pengusaha.
 
"Termasuk investasi, beres. Jangan dipersulit, jangan ada yang main-main. Terus, sampaikan fasilitas-fasilitas yang kita miliki sampai betul kepada mereka yang mau investasi," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan 34 gubernur di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis, 14 November 2019.
 
Jokowi berharap investasi di sejumlah daerah berjalan cepat. Para gubernur juga harus meninjau kembali sejumlah peraturan yang mengganggu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ganjar mengeklaim masalah perda tidak banyak mengganggu masuknya investasi. Menurut dia, gangguan justru dari keputusan para bupati atau wali kota soal tata ruang yang lama.
 
"Yang begini-begini ini kita masih harus punya seni memukul, seni dialog, seni lobi, agar mereka mau. Jalau mereka menyandera kan tidak bisa," tuturnya.
 
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan banyak arahan yang diberikan Jokowi kepada para gubernur. Khusus Sumut, Edy mengaku diminta menyelesaikan pembangunan kawasan Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Nagaro (Meibidangro).
 
"Rencananya nasional kita sinkronkan dengan rencana di daerah. Itu yang tadi kami bicarakan, saya menghadap khusus untuk membicarakan hal itu," papar dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif