Dirjen Otoda Kemendagri Sumarsono (kiri) bersama Gubernur Sulsel terpilih Nurdin Abdullah. Medcom.id/ANDI AAN PRANATA
Dirjen Otoda Kemendagri Sumarsono (kiri) bersama Gubernur Sulsel terpilih Nurdin Abdullah. Medcom.id/ANDI AAN PRANATA

Delapan Gubernur Terpilih Dilantik Rabu Ini

Nasional pilkada serentak pilkada 2018
Andi Aan Pranata • 03 September 2018 18:35
Makassar: Presiden Joko Widodo bakal melantik gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 dalam dua tahap. Tahap pertama digelar di Istana Negara pada Rabu, 5 September 2018.
 
Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono mengatakan, kepala daerah delapan provinsi yang bakal dilantik yakni: Sumatera Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah. Lalu Bali, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.
 
“Tahap kedua tanggal 27 September untuk empat provinsi,” kata Sumarsono melalui pesan tertulis yang diterima Medcom.id, Senin 3 September.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Empat daerah yang masuk tahap kedua yakni Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Timur.
 
Pelantikan berlangsung di Istana Negara nanti akan dihadiri undangan terbatas. Selain gubernur dan wakil gubernur yang dilantik, turut diundang para pendampingnya, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta penjabat gubernur dan istri.
 
Pelantikan juga akan diramaikan oleh pejabat pemerintah pusat, serta para menteri kabinet kerja. “Sejumlah pejabat dari daerah yang hadir, tidak semua masuk gedung. Namun disediakan video besar untuk nonton bareng prosesi pelantikan di gedung sebelah dalam kawasan Istana,” ujar Sumarsono.
 
Saat ini Sumarsono telah berada di Jakarta untuk mempersiapkan pelantikan serentak. Namun dia akan kembali ke Sulsel untuk prosesi serah terima jabatan setelah pelantikan di Istana Negara.
 
“Sertijab akan digabung dengan acara lepas sambut, pada tanggal 7 September 2018,” katanya.
 

 


 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif