Ilustrasi Pancasila. Foto: Antara/Prasetia Fauzan
Ilustrasi Pancasila. Foto: Antara/Prasetia Fauzan

Pancasila Harus Jadi Ideologi Dinamis

Nasional hari lahir pancasila
Annisa ayu artanti • 01 Juni 2019 17:31
Jakarta: Deputi IV Kantor Staf Presiden Eko Sulistyo menilai Pancasila harus dinamis di tengah situasi politik yang sedang memanas pasca pengumuman hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Dalam konteks kekinian Pancasila harus dimaknai suatu rumah yang selalu terbuka.
 
Dalam artian ideologi, Pancasila bukan ideologi statis dalam menghadapi tantangan zaman. Pancasila harus menjadi pendingin situasi politik yang saat ini sedang memanas.
 
"Kita dihadapkan situasi politik yang panjang dengan kampanye dan ketegangan, tapi itu semua bisa diselesaikan," kata Eko dalam sebuah diskusi di kawasan Gondangdia, Jakarta, Sabtu, 1 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari hasil perhitungan Pilpres, masing-masing calon presiden dan wakil presiden memiliki daerah-daerah yang menjadi basis suara terbanyak. Eko berharap suara-suara daerah tersebut bukan menjadi alasan memecah bangsa.
 
Ia berharap ideologi Pancasila yang melekat di diri bangsa ini ketegangan politik di wilayah tersebut seharusnya sudah melunak, dan menerima hasil yang sudah diumumkan.
 
"Sehingga itu power sharing dan kembali menata kehidupan bangsa, itu arah opsi yang penting suasana kebangsaan," ujar Eko.
 
Sementara itu, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Soleh mengatakan bagi generasi milenial Pancasila harus dijadikan ruang terbuka. Artinya, kritik boleh dilakukan namun harus menjunjung norma dan kaidah. Kritik bukan suatu yang mutlak. Begitu juga dalam menyampaikan pandangan soal politik.
 
"Kritik suatu yang diberi ruang oleh negara, konstitusi, dan Undang-Undang. Tapi kritik kebebasan menyampaikan pendapat bukan suatu absolut," tukas Asrorun.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif