Ketua Komnas Perempuan Andi Yentriyani
Ketua Komnas Perempuan Andi Yentriyani

Komnas Perempuan Ingatkan Penegakan Aturan KIA Harus Tegas

MetroTV • 30 Juni 2022 16:26
Jakarta: Komnas Perempuan meminta Undang-Undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA) nantinya ditegakkan dengan tegas. Hal itu agar ibu hamil mendapatkan haknya untuk cuti selama 6 bulan.
 
Ketua Komnas Perempuan Andi Yentriyani mendukung penuh RUU KIA untuk segera disahkan sebagai Undang-Undang (UU). Andi menyoroti sejumlah kasus yang ditangani oleh Komnas Perempuan selama buruh masih terikat dengan UU Ketenagakerjaan.
 
Andi mengungkapkan, Komnas Perempuan masih menerima sejumlah laporan terkait dengan kesulitan buruh perempuan dalam memperoleh haknya baik secara umum maupun secara spesifik sebagai wanita.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tahun lalu menerima laporan 108 kasus di mana buruh perempuan tidak mengakses haknya, 18 di antaranya bahkan mengalami keguguran karena kondisi kerja yang buruk sekali. jadi isu tentang menaikkan cuti ini harusnya dilengkapi dengan memangnya metode insentif dan pengawasan yang lebih baik," ungkap Andi dalam tayangan HotRoom, Rabu, 29 Juni 2022.
 
Baca: Legislator: RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak Telah Melalui Kajian Medis

Andi juga mengungkapkan bahwa tidak sedikit dari buruh perempuan masih sangat minim dengan literasi mengenai hak cuti mereka, di antaranya adalah cuti haid.
 
"Komnas Perempuan selama 10 tahun terakhir mendapatkan laporan bahwa hak itu tetap sulit diperoleh banyak perempuan. Bahkan tidak tahu bahwa haid itu boleh boleh cuti," tambahnya.
 
Sangat penting hak pekerja perempuan terus diperjuangkan karena jumlahnya yang tidak bisa dibilang sedikit. Dilansir dari Badan Pusat Statistik, Persentase tenaga kerja formal menurut kelamin pada 2020-2021 mengalami peningkatan dari 34,65% menjadi 36,20%.
 
Oleh karena itu Andi berharap, RUU KIA dapat memberikan kesejahteraan terhadap pekerja perempuan. "RUU KIA diharapkan tidak hanya memberikan kesejahteraan terhadap buruh perempuan, tetapi juga mampu menaikan produktivitas," kata Andi. (Jose Imanuel)
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif