Pemohon Beri Catatan Soal Penolakan Gugatan Presidential Threshold

Fachri Audhia Hafiez 25 Oktober 2018 16:25 WIB
revisi uu pemilupilpres 2019
Pemohon Beri Catatan Soal Penolakan Gugatan <i>Presidential Threshold</i>
Denny Indrayana--Metrotvnews.com/Patricia Vicka
Jakarta: Pemohon pengujian pasal 222 Undang-Undang (UU) Pemilu memberi sejumlah catatan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan UU yang diajukan tersebut. Menurut dia putusan MK kali ini tak memberi solusi.

Hal itu disampaikan kuasa hukum pemohon Denny Indrayana usai sidang putusan yang digelar di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

"Kita harus menghormati putusan MK, meski demikian saya ada beberapa catatan sebenernya menyayangkan MK tidak mengambil kesempatan untuk memutus perkara ini sebelum pendaftaran capres cawapres kemarin," kata Denny di lokasi, Kamis, 25 Oktober 2018.


Menurut dia, MK tidak mengambil momentum dalam memutus permohonan tersebut. Denny bilang, banyak calon presiden dan wakil presiden memunculkan variatif dalam pilpres 2019.

"Ini isu yang sangat penting dan ditunggu oleh banyak kalangan. Kita mencatat bahwa sebelumnya MK itu lebih aktif, cenderung dan menangkap aspirasi publik dalam mengambil keputusan ketatanegaraan yang urgent dulu ada putusan tentang KTP elektronik," ujar Denny.

Baca: MK Tolak Gugatan Presidential Threshold

Dia perpandangan bahwa, syarat presidential threshold (PT) secara esensial bertentangan dengan konstitusi. Alasan dasarnya adalah dalam UUD 1945 tidak menyebutkan syarat ambang batas tersebut.

"Tidak di negara manapun di dunia ini, yang syarat presidennya itu di kaitkan dengan pemilu legislatif dalam 5 tahun sebelumnya," ucap Denny.

Mantan Wakil Menkumham ini juga menyayangkan dalam sidang putusan MK tidak membacakan pendapat berbeda (dissenting opinion) dari majelis hakim. Sebab, saat persidangan sebelumnya dissenting opinion selalu dibacakan.

"Dikatakan ada samething dissentung opinion yang melihat hakim konstitusi Suhartoyo. Karena tidak dibacakan, kami tidak yakin ada atau tidak itu," tukas Denny.



(YDH)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id