Penyelenggara Negara Diperintahkan Siap Mengubah Kultur Birokrasi

Achmad Zulfikar Fazli 16 Mei 2018 16:12 WIB
kementerian lembaga
Penyelenggara Negara Diperintahkan Siap Mengubah Kultur Birokrasi
Presiden Joko Widodo/ANT/Rosa Panggabean
Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah bersiap menghadapi integrasi sistem online single submission. Penyelenggara negara harus menyiapkan infrastruktur, teknologi, hingga sumber daya manusia.

"Yang paling penting adalah dalam mengubah kultur birokrasi yang kita miliki," ujar Jokowi dalam pengantar sidang kabinet paripurna membahas persiapan peluncuran online submission di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 16 Mei 2018.

Jokowi ingin kementerian/lembaga dan pemda benar-benar menghilangkan ego sektoral. Jangan lagi ada prosedur berbelit dan menghambat sistem.


"Semua harus lebih terintegrasi dan lebih cepat, lebih sinergi antara kementerian, lembaga, dan pemda yang kita miliki," tegas eks Wali Kota Solo itu.

Baca: Jokowi Desak Penerapan Online Single Submission

Ia juga mengingatkan reformasi tidak melulu soal penerapan sistem online. Perlu penyederhanaan regulasi yang menghambat usaha baik di kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah.

Ia memerintahkan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memonitor penerapan sistem tersebut. Hasilnya harus selalu dilaporkan kepada Kepala Negara. Jokowi juga meminta data penyelenggara negara mana yang menghambat pelaksanaan dan penyederhanaan regulasi.

Baca: Ketidaksiapan Daerah Alasan Penerapan Single Submission Ditunda

Eks Gubernur DKI jakarta itu juga meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian dibantu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala BIN Budi Gunawan mengendalikan keamanan Tanah Air. Ia meminta aparat keamanan mengedepankan semangat persaudaraan dan kerukunan sosial antarmasayarakat dalam menjaga keamanan.

"Karena besok kita segera menyongsong melaksanakan ibadah puasa, sehingga kita harap umat Islam bisa menunaikan ibadah puasanya dengan rasa aman dan penuh kedamaian," ucap Panglima Tertinggi TNI itu.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id