Ketua KPU, Ilham Saputra. Medcom.id/Dheri Agriesta
Ketua KPU, Ilham Saputra. Medcom.id/Dheri Agriesta

KPU: Agenda Pemilu dan Pilkada 2024 Belum Final

Nasional kpu pilkada pemilu Pilpres pilkada serentak
Cahya Mulyana • 04 Juni 2021 17:10
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan tanggal pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 belum final. Informasi yang beredar baru sebatas hasil konsinyasi awal dengan DPR.
 
"Perlu kami sampaikan kesepakatan tersebut baru merupakan hasil rapat konsinyasi antara KPU, Bawaslu, Pemerintah (Kemendagri), dan Komisi II," ujar Ketua KPU Ilham Saputra dalam keterangan tertulis, Jumat, 4 Juni 2021.
 
Menurut dia, konsinyasi merupakan forum rapat bersama para pihak yang bertujuan mempersiapkan perencanaan serta tahapan Pemilu dan Pilkada 2024. Para pihak terkait akan kembali mematangkan pelaksanaan dua agenda tersebut dalam waktu dekat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rencananya dilaksanakan beberapa kali rapat konsinyasi. Dan, poin-poin tersebut dihasilkan dari rapat konsinyasi pertama," jelasnya.
 
Baca: Pemilu 2024 Disepakati Digelar pada 28 Februari
 
Menurut dia, poin-poin kesepakatan yang beredar merupakan kesepakatan awal. Proses pengambilan keputusan secara resmi akan dilakukan melalui pleno KPU dan dikonsultasikan dengan pemerintah dan DPR.
 
"Itu dilakukan saat KPU mengajukan rancangan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal. Pada forum itulah KPU akan mengajukan usulan final terkait hari pemungutan suara, lama waktu persiapan, kapan mulai pendaftaran parpol, berapa lama masa kampanye," tutupnya.
 
Sebelumnya beredar hasil konsinyasi KPU, pemerintah, dan DPR di media sosial. Isinya DPR, KPU, dan pemerintah menyepakati pemungutan suara pilpres dan pileg digelar pada 28 Februari 2024. Sedangkan pilkada pada 27 November 2024.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif