Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A

Jokowi Bakal Terbitkan Perpres Konferensi Kebencanaan Internasional

Nasional penanggulangan bencana Mitigasi Bencana
Nur Azizah • 15 Oktober 2020 11:17
Jakarta: Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Global Platform for Disaster Risk Reduction pada 2022. Presiden Joko Widodo akan menerbitkan payung hukum untuk memuluskan acara internasional itu.
 
"Presiden setujui untuk adanya payung hukum berupa perpres (peraturan presiden) dalam penyelenggaraan acara ini, termasuk pengorganisasiannya," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam konferensi pers terkait Global Platform for Disaster Risk Reduction di Jakarta, Kamis, 15 Oktober 2020.
 
Doni menjelaskan perpres itu akan mengatur soal susunan panitia, tempat acara, hingga anggaran kegiatan. Forum penanganan bencana dunia itu rencananya digelar di Bali pada Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Usulan tanggal 23-28 Mei karena setelahnya hasil tersebut akan disampaikan pada pertemuan Indonesia terpilih sebagai anggota Dewan Ekonomi Sosial PBB (ECOSOC) Juni 2022, dan Sidang Umum PBB pada September 2022," ungkapnya.
 
Baca: Indonesia Bersiap Jadi Tuan Rumah Penanganan Bencana Dunia
 
BNPB dan Pemprov Bali memilih Bali Nusa Dua Convention Center sebagai tempat konferensi. Acara tersebut akan dihadiri 5 ribu-7 ribu peserta yang berasal dari 193 negara.
 
"Tamu akan ditempatkan di seluruh hotel di Nusa Dua telah dapat sertifikat sebagai hotel yang memiliki standar yang siap hadapi potensi ancaman," ujar dia.
 
Anggaran yang diusulkan untuk pelaksanaan acara ini sekitar US$5,9 juta atau Rp87 miliar. Anggaran ini di luar biaya persiapan bagi rombongan atau tim dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif