Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Foto: Medcom.id/Rhobi Shani
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Foto: Medcom.id/Rhobi Shani

Lestari Moerdijat Minta Masyarakat Jaga Keragaman dan Toleransi

Nasional toleransi beragama
Nur Azizah • 22 Januari 2020 13:11
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyebut penolakan terhadap pembangunan Gereja Katolik di Kota Tanjung Balai, Karimun, Kepulauan Riau, bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945. Apalagi, pembangunan Gereja Paroki Santo Joseph itu mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bernomor 0386/DPMPTSP/IMB-81/2019 2 Oktober 2019 yang diterbitkan Pemkab Karimun.
 
"Ini bertentangan dengan prinsip kebebasan memeluk agama dan beribadah menurut agama yang dijamin dalam UUD 1945. Pemerintah harus segera menyelesaikan persoalan ini dan persoalan-persoalan serupa. Apalagi ini sudah mengantongi IMB," kata Lestari kepada Medcom.id, Jakarta, Rabu, 22 Januari 2020.
 
Rerie, sapaan akrabnya, mengatakan kelompok mayoritas seharusnya melindungi minoritas. Dia meminta masyarakat menjaga keragaman dan toleransi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penting bagi semua pihak untuk menjaga keberagaman dan toleransi dalam semua aspek. Jangan beri ruang untuk sikap intoleran," ujar Rerie.
 
Politikus Partai NasDem ini mengingatkan Indonesia mengusung Bhinneka Tunggal Ika. Terdiri dari ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama, dan kepercayaan.
 
"Keberagaman adalah kekayaan. Keberagaman jangan dilihat sebagai ancaman. Apalagi hingga menimbulkan kebencian yang menjurus pada aksi intoleran. Semua pemangku kepentingan harus segera mencari akar penyebab dan solusi dari persoalan ini dan persoalan serupa," pungkas dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif