Politikus Partai Nasdem Teuku Taufiqulhadi. (Foto: MI/Adam Dwi)
Politikus Partai Nasdem Teuku Taufiqulhadi. (Foto: MI/Adam Dwi)

Menteri Muda Diharapkan Sejalan dengan Nawa Cita

Nasional kabinet jokowi kabinet kerja
Candra Yuri Nuralam • 03 Juli 2019 12:54
Jakarta: Politikus Partai Nasdem Teuku Taufiqulhadi menilai pengisi kursi menteri dari kaum muda harus senapas dengan nawa cita Jokowi-Ma'ruf. Hal itu menjadi standar awal yang harus dimiliki calon menteri.
 
"Apa yang akan dibangun, apa yang akan dilaksanakan ke depan. Pemahaman terhadap hal tersebut sangat penting," kata Taufiqulhadi di kompleks DPR RI, Senayan, Rabu, 3 Juli 2019.
 
Menurut Taufiq, pada prinsipnya menjadi menteri bukan masalah umur. Lebih lanjut, calon-calon pendamping Jokowi-Ma'ruf memahami tujuan pembangunan pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia yakin Jokowi sudah matang dalam memikirkan nama kaum muda pengisi kursi menteri. Menteri muda diharap membawa harapan baru.
 
Baca juga:Jokowi Dinilai Berpengaruh di Pilpres 2024
 
"Semua menurut saya tepat, ada pertimbangan, ada unsur misalnya pertimbangan ada perempuan itu harus ada. Ada representasi kaum muda itu bagus menurut saya," ujar Taufiq.
 
Salah satu kursi menteri yang cocok diduduki kaum muda, kata dia, adalah menteri pemuda dan olahraga. Pertimbangannya, posisi tersebut butuh sosok berpengalaman namun dengan jiwa muda.
 
Kendati demikian, Taufiq memberi saran agar kursi kabinet tidak didominasi kaum muda. Sebab, pemerintah tetap butuh bantuan para senior berpengalaman dari berbagai bidang.
 
"Keterwakilan saja. Karena itu kabinet jadi sesuatu yang integral, menjadi kesatuan tersendiri yang dipimpin oleh Presiden. Jadi tidak terpilah-pilah siapa dari partai mana tidak ada masalah," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif