Ilustrasi Kompleks Parlemen Senayan/MI/Barry Fathahillah
Ilustrasi Kompleks Parlemen Senayan/MI/Barry Fathahillah

Legislator Dorong Dirjen Imigrasi dari ASN Internal

Candra Yuri Nuralam • 19 September 2022 07:15
Jakarta: Anggota Komisi III Didik Mukrianto mendorong seleksi Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi mengutamakan aparatur sipil negara (ASN) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi. Sebab, ASN internal dinilai lebih cakap dari sisi latar belakang pengetahuan dan pengalaman teknis keimigrasian.
 
"Saya sepakat dan juga mendorong untuk memberikan kesempatan dan ruang (untuk jadi Dirjen) kepada ASN karir di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang memang sejak dari awal mereka menjadi tulang punggung dan dididik serta berkarir di Imigrasi," ujar Didik saat dikonfirmasi, Minggu, 18 September 2022.
 
Mernurut dia, hal itu sesuai keinginan Presiden Joko Widodo terkait peningkatan kinerja Ditjen Imigrasi. Sehingga, perlu pembenahan internal melalui pemilihan ASN yang berkarir di Imigrasi.
 

Baca: Kemenkumham Didorong Saring ASN Unggulan untuk Posisi Dirjen Imigrasi


Didik meyakini banyak ASN karir yang punya kompetensi teknis dan manajerial menjadi Dirjen Imigrasi. Menurut dia, Ditjen Imigrasi tak kekurangan tenaga yang ahli, sehingga tak perlu mengambil dari pihak luar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya yakin tidak kurang-kurang ASN karir di Kemenkumham yang mempunyai integritas, profesionalitas, kapasitas, kapabilitas, kompetensi dan rekam jejak yang jauh lebih baik," tandas dia.
 
Di sisi lain, dia mengatakan pemilihan Dirjen Imigrasi mesti profesional dan akuntabel. Pemilihan Dirjen, kata dia, tidak boleh hanya berdasarkan pada kepentingan politis atau kepentingan lain selain untuk membawa kinerja Imigrasi optimal.
 
"Basis pengangkatan Dirjen harusnya lebih kepada profesionalitas dan bukan akomodasi yang sifatnya politis. Ya idealnya pejabat karir harusnya lebih mumpuni," pungkas Didik.
 
?Kemenkumham melakukan seleksi terbuka melalui Pengumuman Nomor SEK-KP.03.03-573 tentang Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2022. Menkumham Yasonna Laoly mengatakan saat ini tahapan seleksi pun tinggal memasuki proses final.
 
Saat ini, terdapat 10 peserta dengan berbagai macam latar belakang akan mengikuti tahap akhir seleksi Dirjen Imigrasi. Seleksi wawancara dilakukan setelah kandidat dinyatakan lulus seleksi kompetensi bidang (penulisan makalah) dan kompetensi manajerial dan sosial kultural (asesmen).
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif