PSI Dukung Caleg Eks Koruptor Ditandai

Whisnu Mardiansyah 16 September 2018 22:41 WIB
pilegpemilu serentak 2019
PSI Dukung Caleg Eks Koruptor Ditandai
Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Jakarta: Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni mendukung wacana calon legislatif mantan narapidana koruptor ditandai di surat suara. Hal ini dilakukan setelah caleg eks koruptor diperbolehkan maju di Pileg 2019. 

"Saya mendukung penuh usulan menandai caleg eks napi koruptor di surat suara. Korupsi adalah kejahatan kemanusian yang mesti kita eliminasi dengan segala cara," kata Raja saat dihubungi wartawan, Minggu, 16 September 2018. 

Selain ditandai, semestinya nama-nama caleg eks koruptor juga dipampang di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Menurutnya, hal tersebut agar pemilih mengetahui rekam jejak caleg yang akan dipilihnya. 


"Kita ingin demokrasi kita naik kelas. Bukan saja demokrasi prosedural yang melaksanakan rutinitas lima tahunan, tapi juga demokrasi substansial yaitu demokrasi yang melahirkan kepemimpinan terbaik bagi rakyat," pungkasnya. 

Baca juga: Opsi Tanda Khusus di Surat Suara Caleg Eks Koruptor Layak Dipertimbangkan

Sebelumnya, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi mempertimbangkan untuk menandai mantan eks napi korupsi di surat suara. Dia bilang, usulan serupa pernah dilontarkan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pasalnya, dengan dianulirnya larangan eks napi korupsi nyaleg oleh Mahkamah Agung (MA), maka usulan JK itu menjadi layak dipertimbangkan kembali. 

"Sebagaimana saran Pak JK, Pak JK pernah mengusulkan itu," ujar Pramono di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 14 September 2018.

Baca juga: MA Bolehkan Eks Koruptor Nyaleg

Wacana ini mencuat setelah MA membatalkan Pasal 4 ayat 3, Pasal 7 huruf g Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR dan DPRD Kabupaten/Kota. 

MA juga membatalkan Pasal 60 huruf j Peraturan KPU Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPD terkait larangan mantan narapidana kasus korupsi, bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak. Artinya caleg mantan narapidana korupsi tetap diperbolehkan maju di pemilihan legislatif. 



(HUS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id