Mensos Suarakan Lombok Bangkit dan Bangun Kembali

Kautsar Widya Prabowo 21 Agustus 2018 23:03 WIB
Gempa Lombok
Mensos Suarakan Lombok Bangkit dan Bangun Kembali
Menteri Sosial Idrus Marham - MI/Rommy Pujianto.
Lombok: Menteri Sosial Idrus Marham memberikan semangat kepada warga Provinsi Nusa Tenggara Barat dan semua pihak untuk menyuarakan Lombok bangkit dan bangun kembali setelah diguncang gempa bumi bertubi-tubi.

"Serangkaian gempa yang terjadi telah menyisakan kesedihan mendalam dan kehilangan yang luar biasa. Namun kita tidak boleh larut dalam kesedihan, pelan-pelan harus bangkit lagi," ujar Idrus, melalui keterangan tertulis, Selasa,21 Agustus 2018. 

Ia mengatakan ajakan Lombok bangkit dan bangun kembali telah disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memimpin rapat koordinasi rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa yang berlangsung di Kantor Gubernur NTB.


Saat ini pemerintah melalui berbagai kementerian dan lembaga terkait serta Pemprov NTB tengah memulai masa rehabilitas dan rekonstruksi.

"Kementerian Sosial melakukan upaya pemulihan sosial meliputi pemberian bantuan pemulihan yakni santunan sosial, jaminan hidup, PKH, dan bantuan stimulan lainnya ," tutur Idrus.

Lebih lanjut dalam kunjungan kerja kali ini Idrus menyalurkan santunan untuk ahli waris dari 556 korban meninggal dengan nilai total mencapai Rp8,3 miliar. Serta menyalurkan jaminan hidup atau selama tiga bulan sebesar Rp900 ribu per jiwa per bulan. 

Sementara itu untuk pengungsi atau warga yang terkena dampak gempa dan jatuh miskin Kementerian Sosial mengupayakan agar mereka menerima bansos PKH. Tentunya keluarga calon penerima bansos ini memiliki kriteria layak menerima, seperti anak sekolah, ibu hamil, ibu dengan balita, lansia, dan penyandang disabilitas berat.

"Kami akan sisir warga yang jatuh miskin agar dapat dimasukan dalam program perlindungan berkelanjutan melalui program PKH ," jelas dia.



(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id