Ilustrasi ibadah umrah dan haji. Foto: Dok. AFP
Ilustrasi ibadah umrah dan haji. Foto: Dok. AFP

Kasus Omicron Meningkat, Pemerintah Tetap Berangkatkan Jemaah Umrah

Nasional kementerian agama Ibadah Umrah Jemaah umroh Indonesia Omicron Varian Omicron
Media Indonesia.com • 12 Januari 2022 21:08
Jakarta: Masyarakat Indonesia masih tetap bisa menjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi, meskipun kasus covid-19 varian Omicron tengah meningkat. Pasalnya, pemerintah belum mengeluarkan larangan untuk ibadah umrah.
 
“Ya kita masih akan berangkatkan, kecuali pemerintah Indonesia juga ada ketentuan lain,” ujar Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu, 12 Januari 2022.
 
Kasus covid-19 varian Omicron di Indonesia meningkat hingga 506 kasus. Sebanyak 84 kasus merupakan transmisi lokal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zainut menambahkan perizinan serta peraturan yang ditetapkan menunggu keputusan dari kedua belah pihak negara. “Kita tunggu peraturan berikutnya, sementara dari Kemenag dan dari pemerintah Arab Saudi mengizinkan kita ikuti, kalau ada peraturan yang lain atau ketentuan yang lain ya kita ikuti,” jelasnya.
 
Sementara itu, juru bicara vaksinasi covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan masyarakat harus siap menghadapi gelombang Omicron. Sebab, Omicron memiliki tingkat penyebaran yang sangat cepat.
 
Dia mengatakan dari 506 kasus terkonfirmasi, kasus terbanyak berasal dari negara Turki, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan United Kingdom.
 
“Jika dilihat dari perkembangannya, konfirmasi Omicron cenderung mengalami peningkatan, dari pemeriksaan SGTF, kasus probable Omicron pada PPLN cenderung meningkat, hasil WGS juga menunjukkan proporsi varian Omicron yang mulai mendominasi,” ungkap Nadia.
 
Baca: Lonjakan Infeksi Covid-19 Tak Halangi Ibadah Umrah di Arab Saudi
 
Namun, dilihat dari tingkat keparahan, mayoritas kasus Omicron tidak menunjukkan gejala atau memiliki gejala ringan. Sehingga tidak membutuhkan perawatan yang serius di rumah sakit.

Antusias Jemaah Umrah Indonesia Meningkat

Perjalanan ibadah umrah untuk jemaah Indonesia sudah mulai diizinkan kembali dengan mengikuti peraturan yang sudah disepakati antara pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi.
 
Sekretaris Jendral Keastuan Tour Travel Haji Umrah Republik Indonesia (KESTHURI), Artha Hanif, menyebutkan telah banyak pemimpin perusahaan penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang sudah siap melaksanakan ibadah ke Tanah Suci.
 
“Alhamdulillah saat ini banyak pimpinan travel yang sudah menghubungi saya untuk menanyakan bagaimana teknis pelaksanaan ibadah umrah di masa pandemi, mereka sangat menunggu kabar gembira ini,” ujar Artha kepada Media Indonesia, Selasa, 11 Januari 2022.
 
Pada 12 Januari 2022, pihaknya memberangkatkan jemaah untuk melaksanakan ibadah umrah. sebanyak 29 orang akan terbang dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia. (Mohamad Farhan Zhuhri/MI)
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif