Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Jejak Komjen Gatot Eddy yang Masuk Bursa Calon Kapolri

Nasional polri Calon Kapolri
Cindy • 10 Januari 2021 03:16
Jakarta: Lima perwira tinggi (Pati) Polri masuk bursa calon Kapolri. Satu dari lima Pati itu, yakni Wakil Kapolri (Wakapolri) Komisaris Jenderal (Komjen) Gatot Eddy Pramono.
 
Gatot telah mengemban tugas sebagai Wakapolri selama satu tahun, terhitung sejak 7 Januari 2020. Gatot menggantikan Komisaris Jenderal (Purn) Ari Dono Sukmanto yang pensiun.
 
Gatot lahir di Solok, Sumatra Barat, pada 28 Juni 1965. Gatot besar di Pekanbaru, Riau, mengikuti tugas ayahnya sebagai polisi sejak umur enam tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jenderal bintang tiga itu merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 1988. Gatot bahkan mengambil Sarjana Strata 3 (S3) Dokter Ilmu Kriminologi Universitas Indonesia pada 2015.
 
Gatot mengawali karirnya dengan menjadi Wakil Kapolsek Sektor Selektif Wlinggi Resor Blitar pada 1988. Gatot kerap mendapat kepercayaan di berbagai bidang.
 
Di antaranya, menjadi Kapolres Blitar pada 2005, Sekretaris Pribadi Kapolri pada 2006 dan Kapolres Metro Depok pada 2008. Gatot juga pernah menjabat Kapolres Metro Jakarta Selatan pada 2009 dan Direktur Reskrimum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya pada 2011.
 
Gatot pun pernah menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim Polri pada 2012 dan Kabagdukminops Robinops Sops Polri pada 2013. Kemudian menduduki posisi Karolemtala Srena Polri pada 2014, Wakapolda Sulawesi Selatan pada 2016, Staf Ahli Sosial Ekonomi (Sahlisosek) Kapolri pada 2017, dan Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri pada 2018.
 
Baca: 5 Nama Calon Kapolri Diajukan Kompolnas
 
Di tahun yang sama pada 2018, Gatot juga dipercaya menjadi Ketua Satuan Tugas Nusantara yang dibentuk agar Pilkada Serentak 2018 berjalan aman. Lalu pada 2019, Gatot mengemban tugas sebagai Kapolda Metro Jaya.
 
Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebut ada lima nama calon Kapolri yang diajukan oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Kelima orang ini dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas dan jam terbang.
 
Kelima nama tersebut, yaitu Gatot dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komnjen Boy Rafly Amar. Selanjutnya, Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif