Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Medcom.id/Annisa Ayu Artanti

Luhut Klaim Produksi Garam Rakyat Menurun Karena Cuaca

Nasional garam produksi garam presiden jokowi
Nur Azizah • 05 Oktober 2020 15:12
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengeklaim cuaca menjadi salah satu faktor utama produksi garam rakyat menurun. Indonesia hanya mampu menghasilkan 1,3 juta ton garam tahun ini.
 
"Dengan musim penghujan ini produksi garam kita menurun cuma 1,3 juta ton dari biasanya 2,4 juta ton. Jadi akan ada kekurangan garam," kata Luhut dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin, 5 Oktober 2020.
 
Luhut angkat tangan soal garam industri. Dia menyebut garam industri jadi kewenangan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Garam industri kalau bisa Pak Agus segera dorong itu jalan, saya kira masalah garam itu practically akan selesai. Jadi tidak akan banyak masalah. Yang jadi isu, bagaimana sodiumnya, peningkatan garam rakyat bisa naik," ujar Luhut.
 
Kadar sodium garam di Indonesia hanya 89 persen dari kadar sodium seharusnya 93 persen. Luhut menargetkan peningkatan kadar sodium hingga 97 persen
 
"Kalau bisa dinaikkan sampai 97 persen dengan teknologi dan dengan pengambilan air yang bahan baku mutu lebih bagus. Karena di Jawa ini masalahnya airnya diambil lebih jauh karena di pantai cukup tercemar," ujar dia.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo geram kualitas dan produksi garam rakyat rendah. Akibatnya, garam produksi pengusaha lokal tak dilirik industri.
 
Kepala Negara melihat permasalahan itu tak pernah selesai. "Masih rendahnya produksi garam nasional kita sehingga cari yang paling gampang, yaitu impor garam," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 5 Oktober 2020.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif