Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Foto: Istimewa
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Foto: Istimewa

Koordinasi Kementerian dan Pemda Kunci Penuntasan Stunting

Fachri Audhia Hafiez • 06 Juli 2022 08:10
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) menilai kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah (pemda) harus saling berkoordinasi untuk mempercepat penanggulangan stunting di Indonesia. Sebab, dana penanggulangan stunting sudah tersebar di seluruh pemangku kepentingan.
 
"Alokasi dana untuk penanggulangan stunting secara nasional cukup besar, namun tersebar di sejumlah kementerian dan pemerintah daerah. Butuh koordinasi yang baik untuk memaksimalkan pemanfaatan dana itu untuk percepatan penanggulangan stunting," kata Rerie melalui keterangan tertulis, Rabu, 6 Juli 2022.
 
Rerie mengutip data Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang menyebutkan pemerintah menyediakan anggaran Rp44,8 triliun untuk penanganan stunting pada 2022. Anggaran tersebut tersebar di 17 kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah kabupaten atau kota dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan nonfisik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kondisi tersebut benar-benar membutuhkan koordinasi antarinstitusi yang baik agar percepatan penanggulangan stunting benar-benar terwujud," ujar Rerie.
 

Baca: Lestari Moerdijat: Akselerasi Pengentasan Stunting Butuh Kolaborasi


 
Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menuturkan ketersediaan pembiayaan merupakan salah satu instrumen mempercepat upaya penanggulangan stunting. Selain itu, para pemangku kepentingan di daerah diharapkan memiliki pemetaan masalah yang dihadapi dalam penanganan stunting.
 
"Kompleksnya penyebab anak kekurangan gizi hingga berujung stunting menuntut para pemangku kepentingan di pusat dan daerah memberi perhatian serius terhadap sejumlah upaya penanggulangan stunting," ucap Rerie.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif