Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: MI/Andri Widiyanto.
Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: MI/Andri Widiyanto.

Menko PMK Minta Kampus Bantu Tangani Wabah PMK

Theofilus Ifan Sucipto • 03 Juli 2022 10:05
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta pihak kampus ikut menangani wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Pelibatan mahasiswa dinilai bisa membantu agar masalah tersebut cepat rampung menjelang iduladha.
 
"Saya imbau terutama untuk perguruan tinggi yang punya fakultas kedokteran hewan dan peternakan untuk segera mengerahkan dosen (dan) mahasiswanya untuk membantu masyarakat," kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Minggu, 3 Juli 2022.
 
Muhadjir sudah meminta langsung kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ihwal hal itu. Supaya mahasiswa bisa diterjunkan dalam program pengabdian masyarakat untuk menangani PMK.
 

Baca: Satgas PMK-Kementan Kebut Penanganan PMK Jelang Iduladha


Menurut Muhadjir, dukungan dari kampus bakal melengkapi ikhtiar yang dilakukan pemerintah. Mulai dari upaya pencegahan hingga vaksin bagi hewan ternak yang terinfeksi PMK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan begitu kemiskinan di tengah masyarakat akan dicegah karena jumlah kematian hewan ternak diminimalkan," ujar dia.
 
Muhadjir menyebut peternak bisa meraup untung hingga Rp30 juta per ekor sapi. Nominal tersebut sangat membantu perekonomian peternak menjelang iduladha.
 
"Kalau sapinya mati, ini mendorong kemiskinan terutama bagi peternak kecil," papar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif