Presiden Jokowi meninjau PSEL di TPA Benowo, Surabaya, Kamis, 6 Mei 2021. Foto: BPMI
Presiden Jokowi meninjau PSEL di TPA Benowo, Surabaya, Kamis, 6 Mei 2021. Foto: BPMI

Jokowi Ingin Kota Lain Contoh Pengolahan Sampah Jadi Listrik di Surabaya

Nasional Jokowi Joko Widodo presiden joko widodo Pembangkit Listrik Tenaga Sampah
Nur Azizah • 06 Mei 2021 17:57
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengapresiasi instalasi pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Dia ingin program serupa disiapkan di wilayah lain. 
 
"Nanti kota-kota lain akan saya perintah supaya tidak usah ruwet, lihat saja di Surabaya, tiru, kopi," kata Jokowi di Surabaya, Kamis, 6 Mei 2021.
 
Jokowi mengaku sejak 2018, telah menyiapkan sejumlah payung hukum agar pemerintah daerah (pemda) bisa merealisasikan fasilitas PSEL. Dia mengaku sudah bermimpi memiliki PSEL sejak menjabat sebagai wali kota Solo, Jawa Tengah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Konsisten Larang Mudik
 
"Saya siapkan peraturan presiden (perpres), peraturan pemerintahnya, untuk apa? Karena pengalaman yang saya alami sejak tahun 2008 saya masih jadi wali kota kemudian menjadi gubernur, kemudian jadi presiden, tidak bisa merealisasikan pengolahan sampah dari sampah ke listrik seperti yang sejak dulu saya inginkan di Kota Solo," jelas dia.
 
Payung hukum yang dikeluarkan Jokowi antara lain Perpres Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi PSEL Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan. Aturan ini diharap membuat pemda berani mengeksekusi program tersebut.
 
"Dulu takut mengeksekusi karena dipanggil. Kejaksaan panggil, nanti kepolisian panggil, ada KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) panggil karena payung hukumnya yang tidak jelas sehingga memutuskannya sulit," ungkap dia.
 
Kepala Negara memuji kecepatan Pemerintah Surabaya sebagai salah satu wilayah yang ditunjuk membuat PSEL. Selain Surabaya, ada 11 daerah lain yang ditunjuk membuat PSEL dalam Perpres Nomor 35 Tahun 2018, yakni DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Makassar, Kota Denpasar, Kota Palembang, dan Kota Manado.
 
"Sekali lagi saya acungi dua jempol untuk pemerintah Kota Surabaya, baik wali kota lama maupun yang baru. (Ini) tidak mudah karena saya mengalami," ucap Jokowi. 
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif