Presiden Joko Widodo. MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo. MI/Ramdani

Seluruh Provinsi Diinstruksikan Tiru Penanganan Covid-19 Jatim dan Sulsel

Nasional Virus Korona presiden jokowi pandemi covid-19
Nur Azizah • 12 Oktober 2020 10:37
Jakarta: Presiden Joko Widodo memuji keberhasilan Jawa Timur (Jatim) dan Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam mengendalikan virus korona (covid-19). Seluruh provinsi, khususnya delapan wilayah prioritas, diminta mencontoh penanganan covid-19 kedua provinsi tersebut.
 
Delapan provinsi prioritas yang dimaksud Jokowi, ialah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Utara, Kalimantan Selatan, Papua, dan Bali. Berdasarkan data per 6 Oktober 2020, Jatim dan Sulsel berhasil keluar dari zona merah atau tingkat risiko tinggi.
 
"Saya mencatat dari angka-angka yang ada, Provinsi Jawa Timur dan Sulsel menunjukkan perbaikan pengendalian covid-19. Saya kira ini bisa dijadikan contoh provinsi-provinsi lain," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 12 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi juga memerintahkan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 tetap fokus pada penurunan covid-19 di delapan provinsi prioritas. Uji usap dan penelusuran kontak harus ditingkatkan.
 
"Saya minta tetap delapan provinsi prioritas tetap dimonitor secara ketat, testing, tracing, dan treatment terus diperbaiki sehingga jarak antara provinsi satu dengan lain, terutama testing bisa kejar dengan baik," kata dia.
 
Baca: Indonesia Cari Alternatif Vaksin Covid-19 ke Inggris dan Swiss
 
Dari kasus sembuh mingguan, tujuh dari 10 provinsi memiliki persentase di atas 70 persen. Jawa Timur bahkan memiliki persentase kesembuhan tertinggi dengan 88,53 persen.
 
Dari segi jumlah kasus positif mingguan, enam dari 10 provinsi mengalami penurunan yang cukup signifikan, yaitu Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan. Penurunan paling signifikan terjadi di Sulawesi Selatan sebesar 30,1 persen dan di Jawa Barat 28,5 persen.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif