Presiden terpilih Joko Widodo saat memberikan pidato dalam 'Visi Indonesia'. Foto: Antara/Hafidz Mubarak
Presiden terpilih Joko Widodo saat memberikan pidato dalam 'Visi Indonesia'. Foto: Antara/Hafidz Mubarak

Kriteria Menteri Jokowi

Nasional kabinet jokowi kabinet kerja
Candra Yuri Nuralam • 16 Agustus 2019 04:47
Jakarta: Tenaga Staf Ahli Presiden Ali Mochtar Ngabalin menyebut Kabinet Kerja Jilid II harus diisi oleh orang-orang yang tak pernah ragu mengambil kebijakan. 'Pembantu' Jokowi harus sosok yang tak gentar mendukung program pemerintah.
 
"Sosok yang paling tidak mereka jangan ragu di ruang publik membela kebijakan pemerintah dan jangan bersembunyi ketika pemerintah dan presiden dibully dan dibantai, berdiri karena kalian bekerja untuk bisa bantu presiden," kata Ali dalam acara Primetime News Metro TV, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Ali berharap menteri yang dipilih nanti konsisten seperti Jokowi. Sebab, setiap jawaban para menteri adalah harapan dari seluruh masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita kan tahu seperti apa presiden menjadi dirinya berbicara untuk dirinya sendiri. Saya pikir ini harus jelas, itulah kenapa saya menaruh harapan yang jelas terhadap partai koalisi untuk bisa mengirim kawan yang bisa tidak bersembunyi," ujar Ali.
 
Ali mengaku tidak tahu soal nama-nama menteri yang diusung. Hanya Jokowi yang mengetahui komposisi menteri periode mendatang.
 
Kendati begitu, Ali yakin masih ada beberapa menteri Kabinet Jilid I yang dipertahankan. Saya kira tidak sampai 50 persen yang dipertahankan," kata Ali.
 
Menurut Ali, menteri yang kinerjanya bagus dipastikan bakal masuk Kabinet Jilid II. Penilaian dilakukan berdasarkan analisis kinerja dalam lima tahun pemerintahan Jokowi kemarin.
 
"Kalau dalam teori komunikasi itu ada konten analisis, itu ada dua hal. Kita gunakan diksi dan gestur yang mana kita ingin mengatakan bahwa, Insyaallah periode kedua beliau (Jokowi) ingin orang-orang yang mempunyai komitmen dalam ideologi negara ini," pungkasnya.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif