Ribuan penumpang mulai mudik awal dari Stasiun Pasar Senen. Foto: Dok/Metro TV
Ribuan penumpang mulai mudik awal dari Stasiun Pasar Senen. Foto: Dok/Metro TV

Sepekan Jelang Lebaran 2022, Stasiun Pasar Senen Mulai Ramai Pemudik

Nasional Mudik Lebaran bea dan cukai PT KAI Lebaran 2022
MetroTV • 22 April 2022 17:12
Jakarta: Hingga 10 hari jelang Lebaran ribuan warga telah melakukan mudik lebih awal dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta. PT KAI Indonesia mengimbau para calon pemudik untuk memperhatikan aturan maupun persyaratan keberangkatan penumpang yang menggunakan kereta api jarak jauh.
 
Tercatat ada sebanyak 9.300 penumpang dengan 26 keberangkatan kereta api pada hari ini, 22 April 2022, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Angka ini merupakan 49% dari total kapasitas tempat duduk yang telah disediakan oleh PT. KAI Indonesia. Jumlah ini juga sudah mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pekan lalu, yakni hanya mencapai 5.000 penumpang dengan 22 keberangkatan kereta api.
 
“Kepala Humas KAI Daops I Jakarta Eva Chairunisa mengatakan bahwa untuk keberangkatan Stasiun Pasar senen dan Stasiun Gambir sudah terlihat adanya peningkatan volume penumpang, namun belum signifikan,” Reporter Metro TV Lis Pratiwi melaporkan dari Stasiun Pasar Senen dalam tayangan Metro Siang, Jumat, 22 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PT. KAI Indonesia telah menetapkan masa angkutan Lebaran yakni H-10 sampai H+11 atau tepatnya mulai hari ini, 22 April 2022, hingga 13 Mei mendatang. Dalam periode tersebut KAI menyiapkan 781.000 tiket dengan tujuan ke berbagai daerah. Sementara untuk jumlah keberangkatan harian di Daerah Operasional I adalah 60 perjalanan kereta dengan jumlah rata-rata tiket yang dipersiapkan per harinya sebanyak 35.500 tiket.
 
“Untuk Daops I khusus keberangkatan pra Lebaran atau tanggal 22 April sampai 1 Mei 2022 mendatang dari Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bekasi, Cikarang, Cikampek, dan Karawang ada 357.000 tiket. Hingga hari ini 75% tiket diantaranya sudah terjual atau sekitar 267.000 tiket dengan tanggal 27 April-1 Mei jadi tanggal favorit,” ujar Lis.
 
Kendati masih tersedianya tiket di masa keberangkatan pra lebaran, PT. KAI Indonesia mengimbau masyarakat untuk memilih di luar tanggal favorit guna menghindari kepadatan penumpang di dalam kereta. Hal ini juga disarankan supaya masyarakat dapat mudik dengan lebih nyaman dan aman.
 
PT. KAI Indonesia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk memperhatikan aturan keberangkatan atau persyaratan penumpang yang menggunakan kereta api jarak jauh. Aturan-aturan tersebut di antaranya harus melampirkan hasil tes PCR negatif bagi anak usia 6-7 tahun yang baru divaksin 1 kali. Sedangkan yang sudah divaksin 2 kali maupun orang dewasa yang sudah mendapatkan booster tidak perlu lagi melampirkan hasil tes PCR atau antigen.
 
“Lalu untuk orang dewasa yang baru melakukan 1 atau 2 kali vaksin, atau bahkan belum divaksin sama sekali harus melampirkan antigen, PCR, maupun keterangan dari dokter tergantung jumlah vaksin yang sudah diterima,” tambah Lis. (Fatha Annisa)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif